blank
Mahasiswa PGSD Unissula yang melakukan KKL dan tergabung dalam Kelompok 6, saat melakukan kunjungan ke SDIT Mutiara insan, Cepu. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sejumlah mahasiswa PGSD Unissula, belum lama ini melaksanakan program KKL. Pada tahun ini, KKL tidak bisa dilaksanakan dengan konsep yang lama, namun dialihkan menjadi KKL daring untuk meminimalisasi kemungkinan penularan covid-19.

Kali ini mahasiswa KKL terbagi dalam 16 kelompok, yang area penempatannya tersebar di berbagai wilayah. Salah satunya adalah Kelompok 6 yang terdiri dari Clarifta Nur Wahidah, Marifatul Qoniah, Reza Ayu Alfina dan Tiwi Trirahayu. Sedangkan dosen pembimbing KKL Dr Rida Fironika Kusumadewi MPd.

Kelompok 6 ini melaksanakan KKL ke SDIT Mutiara Insan dan ke MC Edupark, keduanya di wilayah Cepu. SDIT Mutiara Insan adalah sekolah dasar berbasis Islam terpadu yang terletak di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora. Sedangkan MC Edupark ada di Jalan Nglajo.

BACA JUGA: Ranperda Dana Cadangan Pilkada Disepakati Ditetapkan Tahun Ini

”Ciri khas yang dimiliki SDIT Mutiara Insan adalah, kurikulumnya yang sedikit berbeda dengan sekolah lainnya. Karena di SDIT Mutiara Insan terdapat hafalan Alquran minimal lima juz,” kata Marifatul Qoniah, seperti dalam keterangan rilisnya.

Ditambahkan dia, di SDIT Mutiara Insan untuk belajar mengaji menggunakan teknik Wafa, dan setiap tanggal 2, seluruh warga sekolah menggunakan pakaian batik, untuk menumbuhkan sikap nasionalisme dan mengenalkan budaya sejak dini.

Kelompok 6 PGSD Unissula ini juga melakukan kunjungan wisata ke MC Edupark. Di tempat ini terdapat berbagai macam wahana, seperti kolam renang, mini zoo, rumah kelinci, spot foto, dan berbagai macam tumbuhan yang ditanam Pemkab Blora.

BACA JUGA: MUI Ajak Umat Islam Shalat Idul Adha di Rumah  

”Selain itu, di MC Edupark juga terdapat alat-alat pengolahan minyak, karena Cepu merupakan kota yang terkenal akan pasokan minyaknya yang melimpah,” imbuhnya.

Pada kunjungan ke sekolah dan tempat wisata itu, para mahasiswa KKL Kelompok 6 PGSD Unissula, tetap mematuhi protokol kesehatan seperti yang telah dianjurkan pemerintah, agar tetap aman di tengah pandemi covid-19.

”Dengan adanya KKL seperti ini, tidak menyurutkan semangat kami untuk melakukan kegiatan observasi di SDIT Mutiara Insan Cepu dan berkunjung ke tempat wisata MC Edupark,” tukas dia.

Riyan