blank
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, ketika memantau program vaksinasi gotong royong di PT Tirta Investama. Foto: Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)– Upaya memutus penyebaran dan penularan covid-19 terus digencarkan. Salah satunya dengan penyuntikan vaksin ke semua lapisan masyarakat.

Pemerintah sendiri sudah membuat skema vaksinasi melalui dua cara, yaitu vaksinasi program dan vaksinasi gotong royong. Sehingga program vaksinasi massal bisa cepat tercapai.

Vaksinasi gotong royong diarahkan untuk membantu percepatan capaian target dari pemerintah, yang diperuntukkan bagi dunia usaha. Perusahaan negara dan swasta diminta untuk membatu program vaksinasi ini.

BACA JUGA: Ganjar Minta Semua Lini Lakukan Percepatan Vaksinasi

Harapannya, ada peran serta aktif dari badan usaha itu untuk percepatan pencegahan dan pengendalian pandemi covid-19, dan pemulihan ekonomi Nasional.

”Kalau ini bisa dilaksanakan oleh semua badan usaha, maka akan sangat membantu Pemerintah Kabupaten/Kota. Mengingat bahwa vaksin yang disuplai dari Kementerian lewat Biofarma itu sangat terbatas.

”Sedangkan target waktu dan tahapan sudah ditentukan, hal ini dapat berpotensi target tidak akan tercapai,” kata Kepala DKK Kabupaten Wonosobo, dr M Riyatno, MKes, saat mendampingi Bupati Afif Nurhidayat memantau vaksinasi di PT Tirta Investama Wonosobo, Rabu (14/7/2021).

blank
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, berfoto bersama dengan jajaran pimpinan PT Tirta Investama. Foto: Muharno Zarka

BACA JUGA: Danrindam IV Pimpin Penerimaan Anggota Baru dan Sertijab Dandodik Belneg

Lebih lanjut Riyatno menjelaskan, untuk mendapatkan vaksinasi gotong royong ini, badan usaha dapat mendaftarkan diri melalui Kementerian BUMN, atau menghubungi langsung ke Biofarma untuk pengadaan vaksinnya.

”Setelah itu perusahaan berkoordinasi dengan DKK setempat, untuk pelaksanaan vaksinasi agar segera disiapkan faskes yang akan menjalankan vaksinasi itu. Sasaran vaksinasi mencakup karyawan tetap, kontrak dan keluarganya,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Afif Nurhidayat menyampaikan apresiasinya kepada jajaran PT Tirta Investama, yang telah melaksanakan vaksinasi gotong royong ini.

BACA JUGA: Dandim Magelang Tutup TMMD Sengkuyung II

Pihaknya berharap, kegiatan seperti ini bisa membantu Pemkab dalam mempercepat program pemberian vaksin kepada masyarakat, sebagai upaya penanganan dan pencegahan penyebaran covid-19 di Wonosobo.

”Mudah-mudahan program vaksinasi gotong royong dapat menjadi pemantik badan usaha swasta lainnya, untuk melakukan upaya yang sama, agar pandemi global covid-19 ini segera usai,” harapnya.

Di lain pihak, Kepala Pabrik PT Tirta Investama Wonosobo, M Sunarno menyampaikan, vaksin ini adalah komitmen perusahaannya terhadap penanganan pandemi saat ini.

BACA JUGA: Gelombang Tinggi, 5 Perahu Nelayan TPI Argopeni Terseret Ombak

”Prokes ketat diterapkan di operasional perusahaan. Tetapi kami juga merespon dan berusaha berperan aktif dalam penanganan pandemi ini, sesuai dengan visi Danone One Planet One Health. Di mana kesehatan bumi dan masyarakat saling berkaitan,” jelasnya.

Ditambahkan dia, program vaksin gotong royong tahap pertama yang bekerja sama dengan PT Kimia Farma ini, diberikan kepada para karyawan sebanyak 260 orang. Untuk vaksin yang digunakan adalah jenis vaksin sinopharm.

Sementara untuk pelaksanaanya, ditargetkan selesai dalam waktu satu hari ini. Dan untuk vaksin tahap kedua, sesuai rencana akan dilaksanakan tiga minggu ke depan.

Muharno Zarka-Riyan