blank
Salah seorang calon penumpang KA jarak jauh, saat menjalani vaksinasi covid-19 di Stasiun Purwokerto. Foto: antara

PURWOKERTO (SUARABARU.ID)– Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto, secara bertahap akan menambah jumlah stasiun yang melayani vaksinasi, seiring dengan tingginya animo calon penumpang KA jarak jauh, untuk mendapatkan vaksin covid-19 secara gratis.

”Semula layanan vaksinasi gratis di Daop 5 Purwokerto hanya dilayani di Stasiun Purwokerto. Namun sejak Kamis (8/7/2021), kami sudah membuka layanan vaksinasi di Stasiun Gombong dan Stasiun Kebumen. Secara bertahap, layanan itu juga akan kami buka di stasiun lainnya,” kata Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto, Joko Widagdo di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat (9/7/2021).

Kendati demikian, layanan vaksinasi bagi pelanggan KA jarak jauh di Gombong dan Kebumen, tidak dilakukan di stasiun melainkan di beberapa fasilitas kesehatan yang telah bekerja sama dengan PT KAI Daop 5 Purwokerto.

BACA JUGA: Menolong Anak Kambing, Warga Poncowarno Tewas di Dalam Sumur

Dalam hal ini, calon penumpang KA jarak jauh di wilayah Gombong, Kebumen, dan sekitarnya yang hendak mendapatkan vaksin covid-19, dapat mendatangi Puskesmas Kutowinangun, Klinik Kartika Kodim/0709 Kebumen, dan Puskesmas Gombong 1.

Akan tetapi sebelum pelaksanaan vaksinasi, calon penumpang KA jarak jauh dapat mendaftar terlebih dahulu, dengan menghubungi nomor telepon 0815 7585 4107 (Puskesmas Kutowinangun), 0853 2588 9117 (Klinik Kartika Kodim 0709/Kebumen), dan 0896 9276 6991 (Puskesmas Gombong 1).

”Ini merupakan wujud sinergi BUMN bersama Kodim 0709/Kebumen dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen,” terang Joko.

BACA JUGA: Patroli Datang, Pedagang di Trotoar Kemasi Dagangan

Terkait dengan pelaksanaan vaksinasi gratis di Stasiun Purwokerto, dia menyatakan, terhitung sejak 4-9 Juli 2021, telah melayani sebanyak 665 calon penumpang KA jarak jauh. Menurut dia, layanan vaksinasi gratis ini bertempat di pintu keluar sisi barat Stasiun Purwokerto.

”Pelaksanaan vaksinasi di stasiun ini ditujukan untuk membantu melengkapi persyaratan calon penumpang KA jarak jauh di masa PPKM Darurat. Inovasi ini juga dalam rangka mendukung program pemerintah, guna mempercepat program vaksinasi covid-19 di Indonesia,” ungkap dia.

Lebih lanjut mengenai persyaratan untuk menggunakan layanan vaksinasi gratis itu, Joko menyebut, calon penumpang KA jarak jauh harus berusia 18 tahun ke atas, menunjukkan kode pemesanan tiket yang sudah dibayar atau tiket KA jarak jauh yang berlaku, memiliki kartu tanda penduduk, dan datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

BACA JUGA: Seorang Warga Binaan LP Ditemukan tewas Gantung Diri

Khusus bagi ibu hamil, bisa mendapatkan vaksin di stasiun setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan, dan bersedia atas pilihannya untuk divaksin covid-19.

”Rencanakan dengan baik antara waktu vaksinasi dan jadwal keberangkatannya, untuk menghindari keterlambatan naik kereta api. Kuota yang disediakan di masing-masing stasiun pun terbatas setiap harinya,” tutur dia.

Meskipun telah mendapat vaksin, Joko meminta seluruh pelanggan untuk terus menerapkan protokol kesehatan dan disiplin 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan rutin, dan menjaga jarak untuk memaksimalkan penjagaan dari penularan covid-19.

Ant-Riyan