blank
Posko PMI Kota Magelang di alun-alun, (Dok PMI)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – PMI Kota Magelang menyiagakan empat petugas di posko Lebaran yang beroperasi sejak 6 Mei lalu di alun-alun setempat.  Posko PMI yang lokasinya berdampingan dengan Posko Polres Magelang Kota, akan beroperasi hingga selesainya Lebaran.

Ketua PMI Kota Magelang, Sumartono menerangkan,  pendirian posko ini dilakukan setiap tahun saat dilaksanakan pengamanan Hari Raya Idul Fitri. Posko ini sekaligus untuk mendukung adanya Operasi Ketupat Candi 2021 yang dilaksanakan tim gabungan Polri, TNI, Satpol PP, Denpom dan Dishub.

‘’Kami support dari sektor pertolongan pertama. Termasuk memback-up juga program Pak Wali ‘Jemput Sakit Antar Sehat’ yang baru saja diluncurkan,” katanya kemarin.

Mantan Inspektur Kantor Inspektorat Kota Magelang itu menuturkan, petugas yang jaga di posko setiap harinya sebanyak empat orang. Terdiri atas satu driver, dua petugas relawan, dan satu petugas yang standby di posko.

‘’Mereka berjaga di posko dengan sistem 3 shift, yakni shift pagi, siang dan malam. Tapi, untuk shift ketiga atau malam situasional, kalau kawasan alun-alun kondusif maka ditarik di markas di Jalan Pahlawan, dan kami tetap siaga 24 jam,’’ terangnya.

Menurutnya, petugasnya hanya bertugas di posko alun-alun dan markas saja. Di posko sudah dilengkapi peralatan pertolongan pertama dan ambulans.

‘’Kami support Operasi Ketupat Candi ini. Kami sinergi dengan instansi lain, termasuk PSC 119 yang terkait program Jemput Sakit Antar Sehat dalam rangka memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat di momen Lebaran ini,’’ ujarnya.

 

Doddy Ardjono