blank
Ganjar beserta anak, istri dan kerabatnya, menyapa warga Jateng di lintas benua, dalam kegiatan Open House Virtual 2021. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, kembali menggelar Open House Virtual Idul Fitri 1442 H, di Rumah Dinas Puri Gedeh, Kamis (13/5/2021). Warga Jateng dari Amerika Serikat hingga Papua, turut bergabung dan menyemarakkan acara.

Digelar melalui aplikasi Zoom Meeting, ratusan warga bergabung dalam acara yang sejak awal diinisiasi Ganjar, pada Lebaran tahun lalu. Karena terbatas, setiap sesinya diikuti 500 peserta, yang bergabung secara bergantian.

”Selamat Idul Fitri 1442 Hijriyah, mudah-mudahan yang kemarin puasanya bisa full tambah sehat, rezekinya tambah banyak, yang sekolah tambah pinter,” kata Ganjar membuka acara.

BACA JUGA: Ganjar Laksanakan Shalat Id di Rumah Dinas Puri Gedeh

Dia kemudian menyapa satu per satu peserta yang bergabung di zoom. Peserta zoom pertama yang disapa Ganjar bernama Daman Hafidz. Dia merupakan warga asal Cilacap yang saat ini tinggal di Tangerang, Banten. Kepada Ganjar, Daman mengaku sudah dua tahun tidak mudik, karena mengikuti anjuran pemerintah.

”Bagus, sekarang coba Anda sampaikan pesan kepada warga, terkait mudik dan pandemi ini,” ujar Ganjar.

”Pesan dari saya pribadi untuk semua warga Jateng khususnya Cilacap tercinta, ikuti anjuran pemerintah, tetap laksanakan 5M,” ujar Daman, yang kemudian dihadiahi laptop dari Ganjar.

BACA JUGA: Tradisi Ziarah Usai Sholat Ied di Sasono Layon Sudah Berjalan Biasa

Keseruan Open House Virtual ini semakin terasa, kala Ganjar menyapa peserta asal Temanggung, yang saat ini sedang kuliah di Sudan, Eva Hesi. Ganjar sendiri punya kenangan tersendiri dengan mahasiswa Sudan di masa awal pandemi.

”Oh ini yang rombongan dulu itu ya. Lha gimana kondisi pandemi di Sudan sana? Masih Lockdown?” tanya Ganjar.

”Di sini belum Shalat Id pak, dan sudah nggak lockdown. Kedisiplinannya kurang, tapi warga Indonesia di sini patuh semua pak,” kata Eva. Selain warga dari Sudan, Ganjar juga menyapa warganya yang berada di Amerika dan Hongkong.

Antusiasme peserta Open House Virtual makin tinggi, lantaran Ganjar juga membagi-bagikan hadiah untuk warga yang disapanya.

”Saya tidak menduga, karena yang ikut ternyata cukup banyak, dan dari luar Jawa Tengah juga banyak, dan mengasyikan saat mendengar cerita mereka,” imbuh Ganjar

Riyan-Sol