blank
Personel Koramil dan Polsek Ngadirojo, Wonogiri, berjaga-jaga di gerbang gereja, mengamankan Paskah yang dilakukan umat Kristiani.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sinergitas TNI-Polri mengamankan Paskah di Wonogiri. Di tingkat kabupaten, dipimpin Kapolres AKBP Chirtsian Tobing bersama Dandim Letkol (Inf) Imron Masyahadi.

Selanjutnya di 25 kecamatan se Wonogiri, dipimpin para Kapolsek bersama Danramil. Pengamanan diawali ibadah Kamis Putih (1/4), Jumat Agung (2/4), Sabtu Sunyi (3/4) dan Minggu Paskah (4/4).

Di Wonogiri, perayaan Trisuci Paskah digelar sederhana di masing-masing gereja, dengan jumlah jemaat yang dibatasi. Masing-masing gereja dihadiri 50 persen dari kapasitas ruangan.

Ritual penyaliban Yesus tidak digelar. Sebelum pandemi Covid-19, drama liturgi jalan salib, digelar umat Katolik di Gunung Gandul dan oleh umat Gereja Kristen Jawa (GKJ) di Gunung Giri.

Tim Pamatwil

Kasubag Humas Polres Iptu Suwondo dan Paur Subag Humas Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, pengamanan kegiatan Trisuci Paskah, di masing-masing distrik dikoordinasi oleh Tim Pamatwil.

blank
Di Kecamatan Purwantoro, Wonogiri, pengamanan Paskah dilakukan Polsek, Koramil bersama pengurus gereja.

Untuk Distrik Jatisrono, Tim Pamatwil diipimpin AKP Supardi dengan anggota AKP Suwondo, Iptu Tarto dan Iptu Mulyadi. Melakukan pengawasan perayaan Paskah se Distrik Jatisrono.

Meliputi gereja-gereja di empat kecamatan, yakni Kecamatan Jatisrono, Girimarto, Jatiroto dan Sidoharjo. Khusus di Kecamatan Sidoharjo, tidak menggelar perayaan Paskah.

Dari Kecamatan Nguntoronadi, Ketia Tim Pamatwil AKP Edi Santosa bersama Anggota Iptu Susanto dan Iptu Yatmo, memantau kebaktian di Gereja Katholik Santa Maria Diangkat ke Surga, di Kedungrejo.

Live Streaming
Tampil memimpin perayaan Paskah Romo Immanuel Eko Anggun Sugiyono, dengan tema ”Bertumbuh dalam Kristus berbuah dalam hidup.” Acara keagamaan ini disiarkan secara live streaming.

blank
Perayaan Paskah di Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS) Desa Golo, diamankan oleh personel gabungan Koramil-24 dan Polsek Puhpelem.

Pengawasan juga dilakukan ke gereja-gereja di Kecamatan Baturetno dan Kecamatan Giriwoyo, yang menggelar ibadah dan perayaan Trisuci Paskah.

Danramil-24 Puhpelem Kodim 0728 Wonogiri, Kapten (Inf) Tono, melaporkan, perayaan Paskah digelar di Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS) Rajawali, Desa Golo, Kecamatan Puhpelem.

Ibadah Paskah di Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri, mendapatkan pengamanan dari Koramil-03 dan Polsek. Di Kecamatan Jatiroto, Wonogiri, perayaan Paskah mengambil tema ”Kasih itu murah hati.”

Bambang Pur