blank
Foto: dok/ist

Oleh: Meilan Arsanti MPd

SELAMA pandemi covid-19, masyarakat diimbau untuk menjaga dan meningkatkan imun tubuh dengan cara pola hidup sehat. Akan tetapi, tidak semua masyarakat memahami bagaimana cara menjaga imunnya, agar tidak rentan terinfeksi covid-19.

Sejumlah cara dilakukan masyarakat dari informasi-informasi yang didapat, baik melalui internet atau dari mulut ke mulut.

Sesuai dengan program KKN Tematik Covid-19 Unissula, mahasiswa dari kelompok 36 menyebarkan poster tentang pola hidup sehat, untuk meningkatkan imun saat pandemi.

BACA JUGA: Perkuat Tridarma PT, Unissula – Nihon Teken MoU

Kegiatan itu dilakukan belum lama ini, untuk mengedukasi masyarakat Desa Berahan Kulon, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak. Mahasiswa dibantu perangkat desa setempat, menempelkan poster di sejumlah titik strategis, agar mudah dibaca masyarakat.

Penempelan poster oleh mahasiswa KKN itu dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat, sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan program KKN Tematik Unissula Edisi XI Tahun 2021.

Edukasi melalui poster perilaku hidup sehat itu, tidak hanya ditempelkan di titik-titik strategis. Mahasiswa juga melakukan edukasi kepada masyarakat melalui media sosial, seperti WhatsApp, Facebook, Twitter, Instagram, dan media sosial lainnya.

BACA JUGA: Unissula Lantik 51 Pejabat Struktural

Saat ini media sosial menjadi salah satu media yang cukup efektif dalam memberikan dan menyebarkan informasi.

Tidak hanya memberikan edukasi tentang pola hidup sehat di masa pandemi, mahasiswa KKN juga diminta agar lebih banyak melakukan edukasi mengenai pentingnya protokol kesehatan (prokes) covid-19. Prokes itu meliputi 5M, yaitu memakai masker, mencucui tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Saat ini, masyarakat banyak yang tidak melakukan prokes, sehingga angka yang terinfeksi covid-19 semakin meningkat. Mahasiswa KKN diharapkan dapat memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat secara konsisten, dan juga sosialisasinya dapat terealisasikan secara langsung, serta dapat dirasakan dampaknya.

Meilan Arsanti MPd, DPL KKN Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Unissula