blank
Maya Rosida (tengah) usai senam ILDI di Gedung Sasana Adipura Kencana Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Penasehat Ikatan Langkah Dansa Indonesia (ILDI) Wonosobo Maya Rosida mengajak semua pihak untuk tetap hapy dan rilek di masa pandemi global Covid-19 yang belum diketahui kapan akan berakhir ini.

“Wabah virus Corona jangan sampai membuat aktifitas olah raga berhenti. Selalu ciptakan suasana hati yang hapy dan raga yang sehat dengan senam dansa,” ujarnya ketika ditemui di Gedung Sasana Adipura, Jumat (5/3).

Maya Rosida yang pernah jadi Wakil Bupati Wonosobo itu, berada di Gedung Sasana Adipura Kencana setempat untuk latihan senam dansa bersama sejumlah anggota ILDI Wonosobo sebelum senam dansa di tempat wisata baru Blembem.

“Besok, Sabtu (6/3), anggota ILDI akan melakukan senam dansa di komplek jalan baru Blembem Damarkasihan Kertek Wonosobo. Senam dansa sekaligus rekreasi bersama di kaki Gunung Sindoro yang punya view bagus,” kata dia.

Prokes Covid-19

blank
Sejumlah anggota ILDI usai senam dansa di Gedung Sasana Adipura Kencana Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Karena masih dalam masa pandemi global Covid-19, senam yang dilakukan anggota ILDI tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari keramaian.

“Meski berkumpul dalam satu tempat, peserta wajib mengenakan masker dan menjaga jarak. Senam yang dilakukan juga berjarak antara satu peserta dengan peserta lainnya. Insya Allah aman,” tegasnya.

Koordinator Bidang Organisasi ILDI Wonosobo, Endang Faisal R Buntoro menyebut senam dansa bisa mencegah pikun dan sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebab semua anggota bergerak ringan dan santai.

“Senam dansa itu gerakannya baku. Tidak ada vareasi gerakan lain. Seluruh anggota tubuh bisa bergerak rileks mengikuti irama musik yang mengiringi. Selain sehat juga merupakan olah raga rekreasi. Bisa mencegah pikun,” tegasnya.

Muharno Zarka