Dandim 0715 Kendal Letkol Infantri Iman Widhiarto dan Kepala Staf Distrik Militer(Kasdim) Mayor Sukamto duduk dalam satu meja.(FOTO:SB/Sp).

KENDAL(SUARABARU.ID)- Komandan Komando Distrik Militer(Dandim) 0715 Kendal, Letkol Infantri Iman Widhiarto menggelar acara “Ngopi Bareng” bersama puluhan wartawan baik cetak, elektronik, radio dan online yang sehari- hari melakukan peliputan berita di wilayah Kabupaten Kendal di Alua kantor setempat, Jumat(19/02/2021).

Ngopi bareng ini dilakukan, semata-mata untuk menjalin silaturahmi antara anggota Kodim 0715 dengan insan pers agar terjalin komunikasi dan koordinasi yang baik.

Dandim 0715 Kendal Letkol Infantri Iman Widhiarto, mengatakan, bahwa insan pers harus faham dengan informasi atau situasi global internasional dan nasional yang terjadi sekarang ini.

Kalau tidak, atau menerima informasi yang sepenggal/ tidak utuh, maka berpotensi bisa menyesatkan banyak orang. Terlebih disaat situasi sekarang ini, fihak- fihak tertentu atau asing mempunyai kepentingan yang tidak ingin Indonesia ini maju atau Indonesia menjadi bangsa yang besar.

“Karena apa, karena fihak asing juga ingin menjadi bangsa yang besar, salah satunya dengan cara menggembosi, mengkerdilkan Indonesia,”kata Dandim 0715 Kendal Letkol Infantri Iman Widhiarto.

Untuk itu, Dandim meminta agar insan pers jangan sampai lengah menerima kabar yang belum jelas yang kemudian terus diberitakan, karena secara tidak sengaja kita bisa menjadi agen- agen fihak asing untuk mengkerdilkan bangsa dan negara.

“Jangan sampai kita ini menjadi agen- agen dari kepentingan- kepentingan asing. Ini yang harus kita waspadai,”kata Dandim 0715 Kendal Letkol Infantri Iman Widhiarto.

Untuk itu Dandim berpesan agar kita harus kompak, jalin komunikasi dan koordinasi dengan baik. Karena bila tidak, maka yang terjadi adalah salah persespsi. Maka akhirnya saling tuding menuding, saling mengintai dan saling curiga.

“Ini bagian dari mereka. Informasi disebar, bahkan tanpa sumber. Terkadang ada sumber, namun sumber itu terkadang juga sudah diputar balikan. Untuk itu kita semua harus hati- hati dan bisa menjaga persatuan dan kesatuan,”ujarnya.

Kepala Staf Distrik Militer(Kasdim) Mayor Sukamto, mengatakan, di era global seperti sekarang ini peran serta wartawan sangat penting. Harus bisa ikut memberikan suasana kondusif dengan cara memberitakan atau membuat tulisan- tulisan yang menyejukan, obyektif dan tidak berpotensi bisa menjadikan provokatif.

Sehingga suasana di Kendal khususnya, bisa sejuk agar investor- investor masuk ke wilayah Kabupaten Kendal merasa nyaman, karena di Kabupaten Kendal ada Kawasan Ekonomi Khusus(KEK) yang masih harus terus dikembangkan.

Kasdim berharap, siapapun, dimanapun, profesi apapun, kita bekerja harus didasari dengan hati dan iman. Karena apapun pekerjaan jika didasari dengan hati dan iman, pasti akan berpikir untuk yang terbaik.

“Apapun profesi kita, jika kita dasari dengan iman, dipastikan jika memberikan informasi, bisa bermanfaat kepada orang banyak. Tapi kalau memberikan informasi sepotong dan tidak bertanggung jawab, itu akan menimbulkan masalah,”kata Kasdim, Mayor Sukamto.

Untuk itu, Kasdim berpesan kepada teman- teman wartawan, untuk bisa memberikan informasi yang positif, yang bisa bermanfaat bagi semua.Sp-mm