BANTUAN - Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo bersama Komandan Kodim 0712 Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, dan Komandan Lanal Letkol Mar Ridwan Aziz memberikan bantuan kepada warga kampung Tirang. (foto: dok/ist)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Masih dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang ke 75, TNI-Polri bersama awak media melaksanakan bakti sosial di kampung Tirang yang terpisah dari daratan Kota Tegal, Jumat (12/2/2021).

Kampung Tirang masuk wilayah RT 02 RW 10 Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal. Karena terpisah dari daratan Kota Tegal, untuk bisa menuju ke kampung Tirang harus menggunakan perahu untuk menyebrang.

Rombongan Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo bersama Komandan Kodim 0712 Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, dan Komandan Lanal Letkol Mar Ridwan Aziz bersama awak media menyambangi warga kampung Tirang menggunakan perahu.

Sebelum menuju kampung Tirang untuk bakti sosial, wartawan liputan Polres Tegal Kota mendapat suntik vitamin C oleh Tim Dokter kesehatan Polres Tegal di Mapolres. Kapolres AKBP Rita Wulandari mengatakan, kehadirannya di Kampung Tirang sebagai bentuk kepedulian antar sesama dengan membagikan sembako dan masker.

Kapolres berharap, agar kampung Tirang mendapat perlakuan yang sama dengan daerah lain dan jangan sampai terisolasi. Untuk itu peran Babinkamtibmas dan Babinsa akan diberdayakan dalam mengakomodir permasalahan-permasalahan yang dialami warga kampung Tirang. “Harapannya Kampung Tirang mendapat perlakuan yang sama dari pemerintah dengan daerah lain dan jangan sampai terisolir,” tutup Kapolres.

Selain dalam rangkaian HPN dan HUT PWI, kegiatan tersebut juga sebagai tindak lanjut dari Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro.

Meski Kota Tegal sendiri tidak termasuk ke dalam 12 daerah yang diberlakukan PKM Skala Mikro namun tetap melaksanakan kegiatan imbangan. “Kehadiran kami di sini sebagai bentuk kepedulian antar sesama dengan membagikan sembako dan masker dalam rangka rangkaian Hari Pers Nasional tahun 2021 dan HUT ke-75 PWI,” kata AKBP Rita.

Kampung Tirang saat ini dihuni 12 Kepala Keluarga yang jauh dari pemukiman lain. Harapan warga sendiri agar Kampung Tirang Tegalsari bisa dijadikan destinasi wisata baru di Kota Tegal untuk mendorong perekonomian masyarakat setempat.

Nino Moebi