blank
Seorang anggota Brimob sedang meracik makanan yang akan didistribusikan kepada pengungsi terdampak banjir. Foto: dok/ist

PEKALONGAN (SUARABARU.ID)– Curah hujan tinggi yang terjadi sejak Sabtu (6/2/2021), mengakibatkan sejumlah wilayah terendam banjir. Sebagai wujud kepedulian kepada warga terdampak, Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jateng bersama dengan Komunitas Pekalongan Tanggap, mendirikan dapur lapangan yang berlokasi di Stadion Hoegeng, Kecamatan Pekalongan Barat.

Koordinator Dapur Lapangan, Ipda Suwarto saat ditemui di lokasi, Senin (8/2/2021) menyampaikan, sebanyak 3.000-4.000 nasi bungkus dibagikan ke warga setiap harinya.

Dalam pendistribusiannya, mereka bekerja sama dengan tim relawan, seperti Tim SAR dan Pekalongan Rescue, yang membagikan bantuan ke titik-titik pengungsian warga.

”Dapur umum dari Batalyon B Satbrimob Polda Jawa Tengah bekerja sama dengan Komunitas Pekalongan Tanggap, kami dirikan sejak Sabtu (6/2/2021). Ini hari ketiga. Dalam sehari, ada sekitar 1.500-2.000 nasi bungkus sekali masak. Untuk tim inti dapur lapangan ada 13 personel yang kami tugaskan,” ungkap Ipda Suwarto.

Lanjutnya, mengingat masih dalam suasana pandemi, Ipda Suwarto menegaskan, pelaksanaan mulai dari memasak hingga pembagian tetap mengacu pada protokol kesehatan covid-19. Dia juga berharap, situasi cepat pulih sehingga masyarakat bisa beraktivitas kembali.

Riyan-Sol