blank
Tanah longsor mengakibatkan beberapa rumah rusak di Kaliangkrik, Selasa sore (26/1/2021) tadi. Foto: Ist

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Akibat hujan lebat terjadi tanah longsor di  Dusun Prampelan I, Desa Adipuro, Kecamatan Kaliangkrik,Kabupaten Magelang, hari ini Selasa 26 Januari 2021 pukul 15.30. Dua rumah warga mengalami rusak parah.

Kepala BPBD Kabupaten Magelang Edi Susanto menginformasikan, awalnya terjadi hujan dengan intensitas sedang sampai lebat di wilayah Desa Adipuro, Kecamatan Kaliangkrik. Itu menyebabkan tebing setingi 25 meter, dengan lebar 10 meter, longsor dengan membawa material rumpun bambu. Sehingga menutup askes jalan dusun dan menimpa empat rumah warga.

Longsor ini mengakibatkan dua rumah mengalami rusak berat, satu rumah rusak ringan, sebuah kandang rusak ringan. Selain itu, akibat kejadian tersebut megakibatkan empat warga mengalami luka-luka dan dibawa ke Poliklinik Desa Adipuro dan ke Puskesmas Kaliangkrik.

Dijelaskan, dua rumah yang mengalami rusak berat yakni milik  Slamet Ardiyanto (39) yang dihuni empat jiwa. Lalu rumah Riyoto (59) yang ditempati empat jiwa.

Selain itu ada satu rumah mengalami rusak ringan. Yakni rumah milik Yaminem (65 ). Rumah itu biasa dihuni dua jiwa. Sebuah kandang ternak juga mengalami rusak ringan. Yakni milik  Sumarno.

Dijelaskan juga, akibat musibah tersebut empat orang mengalami luka-luka. Yakni Slamet Ardiyanto (39) sempat dibawa ke Puskesmas Kaliangkrik. Lalu Anisafiroh (32) juga  dibawa Ke Puskesmas Kaliangkrik.

Selain itu Zidni (10) juga dibawa Ke Puskesmas Kaliangkrik. Korban lain,  Riyoto (59) dibawa ke Poliklinik Desa Adipuro.

Akibat musibah tersebut beberapa warga harus mengungsi. Keluarga Slamet Ardiyanto  dengan empat jiwa mengungsi ke rumah orang tuanya. Keluarga Riyoto dengan empat jiwa mengungsi ke rumah tetanggnya.

Eko Priyono-wied