blank
Relawan Kota Bengawan menggelar kampanye vaksin gaya Solo. Dibawa serta replika botol vaksin dan replika jarum suntik ukuran jumbo.

SOLO (SUARABARU.ID) – Relawan Kota Solo, membawa replika jarum suntik dan botol vaksin ukuran jumbo. Ini dilakukan saat mengkampanyekan pentingnya vaksin dalam mencegah pandemi Covid-19.

Aksi relawan Kota Bengawan ini, dilakukan Kamis (14/1) di Pasar Gede, yang dikenal sebagai pasar tradisional legendaris di Kota Surakarta. Kampanye dengan cara unik ini, diprakarsai oleh Presiden Republik Aeng-Aeng, Mayor Haristanto.

Sebagai tokoh kretaif penerima rekor dunia dari MURI, Mayor Haristanto, ingin meyakinkan  warga masyarakat untuk bersedia divaksin. Dengan divaksin, akan diperoleh kekebalan (imun) terhadap Corona Virus Disease (Covid)-19. Ini penting sebagai langkah menyelamatkan diri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

blank
Relawan Kota Bengawan menggelar kampanye vaksin di Pasar Gede Surakarta. Dilibatkan pula pedagang dan personel Satpam.

Cepat Menyebar
Dipilihnya pasar sebagai lokasi kampanye, hal ini berkait dengan pertimbangan tentang local wisdom, bahwa sesuatu yang terjadi di pasar dapat cepat menjadi bahan goteke wong akathah, atau menjadi topik pembicaraan yang cepat menyebar dari mulut ke mulut.

Tampil menjadi pemimpin kampanye, Relawan Thomas Galih dan Yenyen Wahyono. Aksi ini, melibatkan para pedagang dan personel Satgas Pengamanan Pasar Gede. Dengan kampanye ini, diharapkan masyarakat tidak mudah terprovokator oleh pendapat-pendapat yang bersifat konraproduktif, yang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku emoh (menolak) divaksin.

blank
Dipilihnya pasar sebagai lokasi kampanye vaksin, ini dengan mempertimbangkan bahwa sesuatu yang terjadi di pasar, dapat dengan cepat jadi topik pembicaraan publik.

Dibawanya replika jarum suntik dan botol vaksin berukuran jumbo, itu menjadi alat pelengkap peraga kampanye, supaya cepat menjadi focus of interest (pusat perhatian) publik. Disamping dibawa pula alat peraga berisi tulisan sebagai penyampai pesan.

Mewakili komunitas pedagang buah Pasar Gede Surakarta, Agus Riyanto (35) berkata: ”Sekarangpun siap, apalagi Pak Presiden saja sudah divaksin. Saya siap, biar corona tidak kemana-mana dan lekas sirna,” katanya sembari menepuk-nepuk lengannya sebagai isyarat siap divaksin.

Bambang Pur