blank
Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan 17 Agustus 1945 Semarang, Ir Jatmiko Waluyono (kanan) melantik Prof Dr Suparno (kiri), sebagai Rektor Untag Semarang di Aula Kampus Untag, Selasa (22/12/2020). Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Prof Dr Drs H Suparno MSi, kembali dilantik menjadi Rektor Universitas 17 Agustus (Untag) Semarang, untuk periode kedua, masa jabatan 2020-2025.

Upacara pelantikannya dilakukan di Gedung Graha Kebangsaan, Kampus Merah Putih, Bendan, Semarang, belum lama ini.

Pada kepemimpinan periode keduanya ini, Prof Suparno bertekad mengubah citra Untag Semarang, menjadi kampus yang lebih maju, bermartabat, berdaya saing, dilandasi nilai-nilai Pancasila dan nasionalisme.

BACA JUGA : Catur Murti, Solusi Budaya Hadapi Pandemi

”Kami yakin dengan kebersamaan, apa yang dicita-citakan bisa terwujud dengan baik,” kata Suparno, dalam keterangannya di Semarang, Selasa (29/12/2020).

Untuk meraih cita-citanya itu, akan meningkatkan kualitas tata kelola Untag Semarang yang didukung teknologi yang maju. Selain itu, meningkatkan kualitas Tri Darma Perguruan Tinggi.

”Kami juga akan meningkatkan daya saing Untag dengan menghasilkan kualitas lulusan yang tinggi dan berkontribusi ke lembaga. Meningkatkan kerja sama jejaring antarlembaga, baik dalam negeri maupun luar negeri,” paparnya.

BACA JUGA : Liburan Akhir Tahun, Lawang Sewu Tetap Buka dengan Prokes Ketat

blank
Prof Suparno (kiri), saat menandatangani surat pelantikannya sebagai Rektor Untag Semarang, untuk periode yang keduanya ini. Foto: dok/ist

Ditegaskan dia, kebutuhan teknologi informasi sangat diperlukan. Terlebih, saat ini eranya digital. Untuk itu, dibutuhkan sarana dan prasarana yang menunjang. Rencananya, sarana dan prasarana itu akan dipenuhi pada 2021 mendatang.

”Selain IT, SDM atau kualitas orangnya juga harus ditingkatkan. Percuma jika alatnya bagus tapi manusianya belum bagus,” jelasnya.

Suparno mengakui, dari 18 Program Studi (Prodi) yang ada di Untag, baru dua Prodi saja yang Terakreditasi A, sisanya masih B dan C. Prof Suparno menargetkan, seluruh Prodi sudah Terakreditasi A, pada kepemimpinannya di periode keduanya ini.

BACA JUGA : Desember Kasus Covid-19 Melonjak, Kegiatan Hajatan dan Pentas Seni Dihentikan Sementara

”Kita akan mengejar akreditasi institusi menjadi A. Dari 18 Prodi, baru dua yang Akreditasinya A. Nantinya kita kejar, agar bisa meraih A semua. Karena nilai akreditasi sangat mendukung kepercayaan masyarakat untuk masuk ke Untag,” tandasnya.

Dalam pelantikan itu juga hadir Lukman, selaku Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VI Jateng. Dia berharap, Untag Semarang bisa meningkatkan kualitasnya, dan menjaga jumlah mahasiswa. Peningkatan kualitas itu ditunjukkan dengan meningkatkan akreditasi menjadi unggul, atau dari B menjadi A.

”Dari data LLDikti, masih ada 15 Prodi yang Akreditasinya B dan satu Prodi Akreditasinya C. Saya ingin Untag menarget akreditasinya jadi unggul A pada 2021. Jangan B lagi, karena nanti dalam pengawasan,” terang Lukman.

Riyan-Sol