blank
Masa libur akhir tahun, objek wisata Lawang Sewu tetap buka, dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Foto: ning

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tempat wisata Lawang Sewu Semarang, pada liburan akhir tahun ini tetap buka seperti biasa, dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, serta menjalankan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi para pengunjung.

Hal itu dilakukan, sebagai langkah pencegahan penyebaran covid-19, serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung yang berwisata di Lawang Sewu.

Direktur Utama PT KA Pariwisata, Totok Suryono menyampaikan, untuk memudahkan pengunjung dalam mengikuti ketentuan protokol kesehatan dan meminimalisasi kontak fisik, pengelola Lawang Sewu telah menerapkan sistim pembayaran tiket cashless, dengan memanfaatkan aplikasi Blibli, Ovo dan LinkAja, yang telah tersedia.

BACA JUGA : Semua Objek Wisata Ditutup, Tapi Ada Wisatawan Asing Tewas di Pantai Nampu Wonogiri

Selain itu, di tempat wisata ini telah dilengkapi Electronic Gate (E-Gate) di area boarding-nya, sehingga akses pengunjung ke area Lawang Sewu, menjadi lebih praktis, aman dan nyaman, tanpa adanya sentuhan dengan petugas maupun perangkat fisik yang ada di area itu.

”Kami juga menggelar kegiatan UMKM sejak Sabtu (19/12/2020) hingga Minggu (3/1/2021), yang diikuti tujuh peserta UMKM, yang terdiri dari dua peserta dari industri kreatif, dan lima peserta penyedia food and beverages,” ungkap Totok dalam keterangannya di Semarang, Selasa (29/12/2020).

Menurut dia, kegiatan UMKM itu dilakukan sebagai bagian dari kontribusi pengelola Lawang Sewu, dalam upaya mendorong bangkitnya para pengusaha kecil dan menengah, serta mendorong percepatan pemulihan ekonomi Nasional.

BACA JUGA : Imam Budoyo Pensiun dari Sekretariat PWI Jateng

Sementara itu, Ilud Siregar selaku Humas PT KA Pariwisata menambahkan, selama libur Natal 2020, mulai Rabu (23/12/2020) hingga Minggu (27/12/2020), jumlah pengunjungnya terus meningkat. Total jumlah Pengunjung selama lima hari pada masa itu, sudah mencapai kurang lebih 11.997 pengunjung, terdiri dari 10.234 pengunjung dewasa, dan 1.763 anak-anak.

”Di masa libur panjang Natal dan Tahun Baru 2020/2021 ini, kami mengajak masyarakat untuk datang dan berlibur ke Lawang Sewu, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 3M,” pungkas Ilud.

Ning-Riyan