blank
Polisi melakukan pertemuan terkait Operasi Zebra Candi 2020. Foto: Eko Priyono

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Kabag Ops Polres Magelang Kompol Maryadi SH mengatakan, Operasi Zebra Candi 2020 yang berlangsung selama 14 hari dimulai dari 26 Oktober sampai 8 November 2020 tak hanya punya sasaran masalah lau-lintas.

“Dasar kegiatan itu rekomendasi terkait dengan antisipasi adanya libur panjang. Adapun sasarannya tak hanya masalah arus lalu-lintas, tetapi juga pengawasan objek wisata, kejahatan jalanan, pengamanan tahanan, terorisme, semua yang berkaitan dengan covid-19,” terang Kompol Maryadi saat membuka Latpra ops.

Hasil koordinasi dengan Dinas Kesehatan, serta Satgas Covid 19, penyebaran Virus Corona untuk wilayah Kabupaten Magelang masih tinggi. “Untuk itu jangan berhenti mengimbau kepada masyarakat selalu memperhatikan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Maka berkaitan dengan kegiatan tersebut agar petugas senantiasa mawas diri, siap siaga dan yang penting tetap menjaga kesehatan dalam pelaksaan tugas.

Preventif

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Magelang AKP Fandy Setiawan menyampaikan bahwa dalam operasi Zebra Candi 2020 dari fungsi lalulintas lebih mengedepankan tindakan preementif. Dengan memberikan imbauan terlebih dahulu terhadap para pelanggar. Dengan sasaran pelanggaran helm SNI, surat -surat dan kelengkapan kendaraan.

“Apabila ada pengendara yang terlihat langsung dapat menyebabkan laka lantas tidak segan- segan kita tindak apabila melanggar ketentuan berlalu-lintas,” tegasnya.

Sisi lain kepada semua anggota yang telah terseperint Ops Zebra Candi 2020 diminta melaksanakan tugas sesuai peran masing- masing dengan tulus ihklas.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar sadar dan tertib berlalu-lintas. Karena ada kemungkinan adanya lonjakan arus menuju tempat wisata.

“Karena masih situasi Covid-19, untuk menghindari kluster baru di wilayah Magelang, masyarakat tetap kita imbau untuk tetap di rumah dan memperhatikan protokol kesehatan sambil menikmati liburan, pungkasnya.

Guna mendukung pelaksanaannya Polres Magelang telah menggelar Latihan Pra Operasi Zebra Candi 2020 dipimpin oleh Kepala Bagian Operasi Kompol Maryadi di Aula Polres Magelang, Senin (26/10/2020)

Disebutkan, temanya “Melalui pelatihan pra Operasi Zebra Candi 2020 kita tingkatkan kemampuan personil dan sinergeritas antar fungsi dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap polantas dan menurunkan kemacetan, kecelakaan lalulintas, pelanggaran lalulintas serta penyebaran Covid 19 tahun 2020 guna mewujudkan siskamtibmas aman kondusif”.

Eko Priyono-trs