blank
Penyuluhan bahaya penyahgunaan narkoba, digelar di Makodim 0728 Wonogiri. Sekaligus disampaikan langkah Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kodim 0728 Wonogiri, Selasa (21/10), menggelar penyuluhan bahaya penyahgunaan narkoba. Bersamaan itu, juga melakukan tes urine bagi anggotanya. Ini dilaksanakan dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Imron Masyhadi melalui Pasi Intel Lettu (Inf) Slamet Biyanto, menyatakan, kegiatan ini merupakan wujud dan komitmen satuan, dalam turut serta melakukan pemberantasan penyalahgunaan narkoba. Juga membentengi prajurit agar terjauhkan dari tindak penyalahgunaan narkoba.

Kegiatan yang dilakukan ini sebagai bentuk komitmen TNI untuk ikut serta mendukung pelaksanaan pemberantasan peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Tanah Air. ”Sesuai perintah Panglima, seluruh prajurit TNI tidak boleh terlibat penyalahgunaan narkoba,” tegasnya.

blank
Bersamaan acara penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba, dilaksanakan pula tes urine bagi para insan prajurit TNI Kodim 0728 Wonogiri.

Program Satuan
Berkaitan itu, sosialisasi P4GN merupakan program satuan, dilaksanakan dalam upaya menciptakan prajurit yang bersih dari narkoba dan tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba. Untuk pelaksanaan kegiatan ini, Kodim menggandeng Polres Wonogiri. Yakni dengan mendatangkan nara sumber Kasatres Narkoba AKP Dimas Bagus Pandoyo, untuk memberikan ceramah tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, berikut pembekalan pengetahuan tentang pemahaman beragam jenis narkoba.

Sementara itu, dari pemeriksaan urine terhadap 45 anggota yang dilakukan secara acak, hasilnya negatif tidak ada yang terkontaminasi narkoba.

Pasi Intel Lettu (Inf) Slamet Biyanto, menyerukan, agar prajurit menjadi contoh masyarakat, jangan sampai menyalahgunakan narkoba. Bila sampai ada yang menyalahgunakan narkoba, akan diberikan sanksi tegas.

Bambang Pur