Tim Covid Kabupaten Wonogiri bekerja tak mengenal waktu siang atau malam. Semalam, mereka bertugas memakamkan jenazah secara Prokes di TPU Dusun Sabuk, Desa Gunungsari, Kecamatan Jatisrono, Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Tim Gugus Covid Kabupaten Wonogiri, semalam, memakamkan lagi jenazah secara protokol kesehatan (Prokes) pencegahan wabah virus corona. Ini menjadi pemakaman yang ke 20 kalinya, dalam tempo sebulan terkahir ini di Kabupaten Wonogiri.

Jenazah yang dimakamkan Selasa malam (13/10), adalah pasien dari Rumah Sakit (RS) Moh Ridwan Meuraksa, Jakarta Timur (Jaktim). yakni jenazah seorang pria berinisial TP (63). Semasa hidupnya, almarhum yang kelahiran 19 Maret 1957 ini, tinggal di Jalan Adil RT 003/RW 006 Nomor: 26, Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, menyatakan, pemulasaraan jenazah TP dilakukan di RS Moh Ridwan Meuraksa, Jaktim. Jenazah tersebut, selanjutnya diangkut menggunakan mobil mayat melalui jalan darat menuju langsung ke tempat pemakaman di Kabupaten Wonogiri.

Personel yang bertugas menyemprotkan disinfektan, disertakan dalam Tim Covid Kabupaten Wonogiri. Tugasnya menyemprot liang lahat dan sekitarnya, termasuk kepada petugas yang melakukan pemakaman.

Dibantu Relawan
Bambang Haryanto yang menjabat sebagai Pimpinan Pusat Komando Pengendali (Puskodal) percepatan penanganan pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Kabupaten Wonogiri, menyebutkan, untuk prosesi pemakaman dilakukan secara protokol kesehatan oleh Tim Pemakaman Gugus Tugas Covid Kabupaten Wonogiri, dibantu relawan Sibat.

Penguburan dilaksanakan mulai Pukul 17.56 sampai dengan Pukul 18.45. Lokasinya di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dusun Sabuk, Desa Gunungsari, Kecamatan Jatisrono (sekitar 30 Kilometer arah timur Ibukota Kabupaten Wonogiri).

Tim Pemakaman Gugus Tugas Covid Wonogiri, terdiri atas personel BPBD Kabupaten Wonogiri, prajurit TNI-AD Kodim 0728 dan anggota Polres Wonogiri, relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Wonogiri, relawan dari Search And Rescue (SAR) Wonogiri. Dengan melibatkan pula relawan dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Wonogiri.

Tim Covid Wonogiri yang melakukan prosesi pemakaman secara Prokes, terdiri atas personel BPBD, prajurit TNI Kodim 0728, anggota Polres, bersama relawan dari PMI, SAR dan MDMC.

Warga Dusun Sabuk, Desa Gunungsari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, ikut membantu memberikan tarikan jaringan listrik untuk memasang penerangan di kuburan. Ini dilakukan, dalam upaya mendukung kelancaran pemakaman yang berlangsung dalam kondisi gelapnya malam.

Pemakaman Keduakalinya
Ikut hadir menyaksikan pemakaman, jajaran Forkompincam Jatisrono, tenaga kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Jatisrono, Aparat Pemerintah Desa (Pemdes) Gunungsari, Jatisrono, dan keluarga almarhum.

Untuk memperlancar pemakaman dalam kondisi gelapnya malam, warga peduli membantu melakukan tarikan jaringan listrik, untuk membuat penerangan di kuburan.

Pemakaman jenazah pria TP tersebut, menjadi penguburan keduakalinya jenazah pasien dari Jabodetabek. Seperti pernah diberitakan, Kamis (8/10) lalu, Tim Covid Kabupaten Wonogiri memakamkan jenazah Ny HR (37), pasien dari RS Hermina Grand, Bekasi, Jabar.

Ny HR adalah warga yang tinggal di Kompleks Depsos Blok C 5 Nomor: 20 RT 09/Rw 08, Kelurahan Telaga Asih, Kecamatan Cikarang Barat, Kota Bekasi, Jabar. Juga memiliki alamat tempat tinggal di Lingkungan Janggan, Kelurahan dan Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri. Pemakamannya dilaksanakan di TPU Lingkungan Janggan, Kelurahan Jatiroto, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri.

Bambang Pur