Pada rangkaian peringatan HUT ke-75 PMI, PMI Kota Magelang membagikan 400 paket sedekah sayuran bagi masyarakat di Kelurahan Magersari, Kecamatan Magelang Selatan dan Kelurahan Rejowinangun Utara, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang. Foto: suarabaru.id/ Yon

MAGELANG(SUARABARU.ID)– Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang membagikan 400 paket sayuran secara gratis bagi masyarakat di dua kelurahan, yakni Kelurahan Magersari, Kecamatan Magelang Selatan dan Kelurahan Rejowinangun Utara, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang.

“Pembagian 400 paket sedekah sayuran masing-masing 200 paket di dua kelurahan ini dilakukan dalam rangkaian peringatan ulang tahun ke-75 PMI yang diperingati setiap 17 September,” kata Pengurus Bidang Organisasi PMI Kota Magelang, Agus Sujito di sela-sela pembagian paket sayuran di Kelurahan Magersari, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, Minggu ( 20/9).

Agus mengatakan, kegiatan sedekah sayuran tersebut wujud kepedulian PMI Kota Magelang bagi masyarakat Kota Magelang di tengah pandemi covid-19 ini, merupakan kegiatan kedua kalinya.

Sebelumnya, pada awal Agustus lalu pihaknya juga melakukan kegiatan yang sama di halaman Markas PMI Kota Magelang yang ada di Jalan Pahlawan, Kelurahan Potrobangsan, Kecamatan Magelang Utara.

Namun, ada yang berbeda dalam pelaksanaan pembagian paket sayuran tersebut, yakni pada kegiatan yang dilaksanakan 2 Agustus lalu, masyarakat secara bebas mengambil sayuran Seperlunya.

Tetapi, pada pelaksanaan kali ini, sayuran yang diberikan kepada masyarakat telah
dibungkus dalam kantong plastik. Dalam satu kantong plastik berisi sayuran seperti kol, sawi putih, terong, buncis, wortel, daun loncang, sledri, jipang serta tempe kedelai.

“Sayuran yang dibagikan tersebut dimasukkan ke dalam satu paket dengan tujuan untuk menghindari kerumunan masyarakat yang akan mengambil sayuran tersebut. Sebelumnya, kami berkoordinasi dengan dua kelurahan itu untuk membagikan kupon pengambilan paket sayuran,” kata Agus yang juga menjabat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang.

Ia menambahkan, untuk membeli aneka sayuran dari para petani di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang tersebut , anggaran yang dikeluarkan berasal dari para donatur dan lainnya. Menurutnya, kegiatan ini juga untuk membantu peningkayan ekonomi petani sayuran di wilayah Kabupaten Magelang dalam menjual hasil panenannya yang saat ini harga jual sayuran sangat merosot.

Agus mengatakan, pada pelaksanaan pembagian sayuran tersebut pihaknya menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti pemeriksaan suhu badan warga yang akan mengambil, wajib memakai masker dan mencuci tangan para warga dengan menggunakan handsanitizer, serta menjaga jarak.

Rangkaian HUT ke-75 PMI lainnya pihaknya juga melakukan kegiatan lainnya seperti donor darah, penyemprotan cairan disinfektan di beberapa wilayah di Kota Magelang yang menjadi wilayah penyebaran virus corona. Selain itu juga secara rutin melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa ruang terbuka umum yang ada di Kota Magelang seperti Alun-alun, Taman Badaan dan lainnya.

“Untuk penyemprotan disinfektan di ruang -ruang terbuka umum, kami lakukan dua kali dalam seminggu,” katanya.

Yon

 

-->