blank
Penyerahan bingkisan paket sembako kepada warga terdampak covid-19 secara simbolis kepada perwakilan warga. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Keutamaan di Bulan Muharram salah satunya adalah menyantuni anak yatim. Kegiatan itu adalah salah satu sunnah yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW, sehingga banyak warga Muslim di bulan ini berbagi kebahagiaan dengan mensedekahkan sebagian rezekinya.

Seperti halnya yang dilakukan warga RT 06 RW 07 Bhayangkara, Bintoro, Kabupaten Demak, pada Bulan Muharram tahun ini, menyantuni anak yatim sebanyak 88 orang. Mereka bukan hanya dari lingkungan RT setempat, namun juga dari warga di luar kampung.

Selain memberikan santunan, warga Bhayangkara juga memberikan bingkisan paket sembako kepada masyarakat terdampak covid-19, sebanyak 50 orang, pada Senin (24/8/2020).

BACA JUGA : Ikan Paus Ini Mati Gara- Gara Diserbu Warga

Ketua RT 06 Sugiyono menyampaikan, kegiatan kali ini dilaksanakan sangat sederhana, mengingat situasi pandemi covid-19 yang masih melanda.

”Biasanya kita laksanakan dengan meriah, dan disediakan panggung serta mengundang mubaligh untuk mengisi tauziah. Namun situasi pandemi melarang berkumpulnya banyak orang, sehingga diadakan sangat sederhana,” jelas Sugiyono.

Ketua Panitia Sri Nurhayati Mujib dalam laporan kegiatannya menyampaikan, untuk santunan yang diberikan dikumpulkan dari donasi warga, hingga sejumlah sebesar Rp 14.710.000.

Sedangkan pemberian bingkisan paket sembako bagi 50 orang, dananya dari iuran menabung Sedyo Basuki, yang terkumpul sebanyak Rp 6.550.000, dan diwujudkan paket sembako berisi beras, mi instan, gula pasir, teh, minyak goreng dan telur.

Sementara Zainuri, tokoh agama setempat menambahkan, kegiatan sosial berbagi kebahagiaan dengan sesama ini, sudah berjalan sejak 1999 dan terus dilestarikan hingga sekarang.

Rudy-Riyan