blank
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Foto: SB/Dok)

PURBALINGGA (SUARABARU.ID) – Bupati Purbalingga, Jawa Tengah, Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan sosialisasi Pilkada 2020 harus diintensifkan untuk meningkatkan angka partisipasi masyarakat di wilayah setempat.

“Salah satu keberhasilan pelaksanaan pemilihan itu diukur dari tingkat partisipasi masyarakat,” katanya di Purbalingga, Rabu (12/8/2020).

Menurutnya, Untuk mendorong peningkatan angka partisipasi masyarakat, sosialisasi harus dilakukan secara intensif dengan melibatkan seluruh pihak terkait.

“Sosialisasi pilkada tidak hanya menjadi tugas KPU melainkan membutuhkan peran aktif semua pihak mulai dari jajaran pemkab, desa, anggota legislatif hingga TNI/Polri,” ungkapnya.

Dyah menambahkan, dalam pelaksanaan Pilkada 2015 angka partisipasi masyarakat Kabupaten Purbalingga mencapai 60 persen.

BACA JUGA: M Arifin Terpilih Jadi Ketua Mangkupraja Kabupaten Temanggung

“Dalam Pemilihan Gubernur 2018 angka partisipasi masyarakat meningkat menjadi 68,8 persen dan pada pelaksanaan Pilpres 2019 tingkat partisipasi berhasil mencapai target yang ditetapkan oleh KPU Pusat yakni sebesar 78 persen,” tambahnya.

Dia berharap angka partisipasi masyarakat yang tinggi dapat diulang kembali pada Pilkada 9 Desember mendatang.

“Kami berharap meskipun di tengah pandemi, angka partisipasi tidak menurun. Semua pihak harus melakukan antisipasi dan mengintensifkan sosialisasi,” terangnya.

Sebelumnya, Divisi Partisipasi Masyarakat KPU Purbalingga, SDM dan Kampanye Andri Supriyanto mengatakan pihaknya terus mengintensifkan sosialisasi, salah satunya menggunakan mobil keliling guna menghindari terjadinya kerumunan.

Sosialisasi Pilkada
“Kami menggunakan mobil yang dilengkapi pengeras suara. Sosialisasi pilkada di tempat keramaian menggunakan mobil keliling merupakan bagian dari program sosialisasi kami di masa pandemi dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih namun tetap mengedepankan protokol kesehatan guna mencegah covid-19,” kata Andri.

Andri menjelaskan bahwa pihaknya menargetkan tingkat partisipasi pilkada serentak tahun ini dapat mencapai 77,5 persen.

Dia menambahkan untuk mencapai target tersebut pihaknya terus mengajak seluruh masyarakat agar berperan aktif menyukseskan pelaksanaan pilkada 2020.

“Kami optimis pilkada tahun ini berjalan lancar, harapanya untuk semua masyarakat agar bersama-sama mensukseskan Pilkada Purbalingga dan gunakan hak suara saat hari pemilihan nanti,” pungkasnya.

Ant/Naf