blank
Ketua KPU Grobogan, Agung Sutopo saat melantik Endah Sudjiati sebagai anggota PPS pergantian antarwaktu. Pelantikan tersebut disaksikan anggota PPS Desa Pojok dan PPK Pulokulon. Foto : hana eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) Setelah sebelumnya melakukan monitoring pada Kamis (6/8/2020), Ketua KPU Grobogan, Agung Sutopo melanjutkan monitoring Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di Kecamatan Pulokulon. Kegiatan itu dilaksanakan Jumat (7/9/2020).

Dalam monitoring tersebut, pihaknya mengecek kinerja PPDP yang sudah mencapai 95-99 persen. Dalam waktu dekat, tugas pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih di wilayah tersebut akan selesai seratus persen.

“Hari ini kita melanjutikan monitoring PPDP di wilayah Kecamatan Pulokulon. Dari hasil tinjauan dan pengecekan langsung di lapangan tadi, sudah mencapai 95-99 persen. Dengan kata lain ini sudah mencapai seratus persen. Mudah-mudahan pekerjaan PPDP cepat selesai,” kata Agung, Jumat (7/8/2020).

Selain melakukan monitoring, pihaknya juga melantik satu orang anggota PPS Desa Pojok, Kecamatan Pulokulon. Pelantikan anggota PPS itu terkait pergantian antarwaktu. Yakni menggantikan anggota PPS yang mengundurkan diri sebelum masa tugas berakhir.

“Tadi kita juga lakukan pelantikan anggota PPS yang menggantikan anggota sebelumnya atau pergantian antarwaktu. Endah Sudjiati yang menggantikan anggota PPS sebelumnya, Fida Rusiana Mafika,” jelas Agung.

Agung menjelaskan, Fida Rusiana Mafika yang sempat dilantik menjadi anggota PPS mengundurkan diri lantaran mendapat panggilan kerja di luar negeri sebagai TKI. Pergantian tersebut dilakukan sesuai regulasi. Yakni, mengangkat Endah yang sebelumnya lolos seleksi di nomor urut setelah Fida.

“Yang dilantik ini dulu pernah lolos seleksi pemilihan anggota PPS dan masuk di lima besar. Dalam perjalanannya, salah satu yang dilantik sah mengundurkan diri, maka yang lolos di nomor berikut, berhak menggantikannya dan dilantik menjadi anggota PPS pergantian antarwaktu,” tutup Agung.

Hana Eswe-trs