blank
Peserta uji swab massal di Pendopo Kabupaten Grobogan pekan lalu. Hasilnya, belum seluruhnya keluar. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Sebanyak 11 orang dinyatakan positif Covid-19 di Kabupaten Grobogan. Mereka dinyatakan positif berdasar hasil uji swab yang diterima pada Kamis (23/7/2020).

Dari sebelas orang tersebut, satu diantaranya aparatur sipil negara (ASN). Hal tersebut dibenarkan Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP), Endang Sulistyaningsih.

“Terdapat satu orang staf ASN yang terkonfirmasi positif Covid-19. Yang bersangkutan ini, sempat ikut swab test massal di pendopo Kabupaten Grobogan pekan lalu,” jelas Endang.

Pihaknya menjelaskan, dari hasil swab massal pekan lalu, sudah tiga orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Yakni, dua pejabat dan satu ASN di lingkungan Pemkab Grobogan.

Sementara, untuk hasil uji swab massal di dua tempat, yakni Pendopo Kabupaten Grobogan dan DPRD Grobogan belum keluar seluruhnya.

“Untuk perkembangan hari ini, terdapat sebelas kasus baru. Sedangkan untuk pasien sembuh dan meninggal nihil,” kata Endang.

Kesebelas pasien tersebut yakni dua orang dari Kecamatan Penawangan, tiga orang dari Kecamatan Tawangharjo, dua orang asal Tegowanu, dua pasien asal Purwodadi. Satu orang asal Gubug dan satu lainnya asal Brati.

Kesebelas orang tersebut dirawat di tiga rumah sakit yang berbeda. Yakni RSUD dr Soedjati Purwodadi, RS Permata Bunda dan RS Ki Ageng Getas Pendowo.

Adanya peningkatan kasus tersebut, total kasus positif corona di Grobogan sampai saat ini ada 217 orang. Terdiri dari, 21 meninggal, 78 sembuh dan 118 masih dirawat.

Penyemprotan

blank
Petugas dari BPBD Grobogan saat melakukan penyemprotan di sebuah ruangan di Kompleks Setda
Grobogan. Foto : ist.

Sebagai upaya tindak lanjut, BPBD Grobogan langsung melakukan penyemprotan disinfektan ke berbagai ruangan di Kompleks Setda Grobogan. Tak hanya itu, penyemprotan juga dilakukan di pemukiman warga di Kota Purwodadi.

“Kami melaksanakan penyemprotan disinfektan sebagai tindak lanjut guna pencegahan corona. Kami tetap mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Grobogan agar hati-hati dan patuhi juga protokol kesehatan. Pakai masker, jaga jarak dan sering mencuci tangan menggunakan sabun,” jelas Endang, yang juga Kepala Pelaksana Harian BPBD Grobogan.

Hana Eswe-Wahyu