blank
PENGHARGAAN - Aiptu Wiyanto menerima penghargaan. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Karena telah berprestasi, berdedikasi tinggi dan inovatif dalam memelihara, merawat serta mengoperasionalkan lima ekor satwa K-9 (anjing) selama 17 tahun, Aiptu Wiyanto mendapat penghargaan.

Aiptu Wiyanto kesehhariannya dinas di Kasubnit 2 Unit Dalmas Satsabhara, Polres Tegal Kota. Selama 17 tahun Wiyanto merawat dan mengoperasikan 5 ekor satwa K-9.

Penghargaan diberikan Direktur Polsatwa Korsabhara Baharkam Polri, Brigjen Pol Drs Hariyanto SH MHum didampingi Wadirsabhara Polda Jawa Tengah AKBP Mohammad Sunardi SIK MH dan Kapolres Tegal Kota, AKBP Rita Wulandari Wibowo di Mako Polres Tegal Kota Jalan Pemuda Kota Tegal, Senin (20/7/2020).

Usai pelaksanaan upacara penyerahan piagam penghargaan dilanjutkan dengan peragaan Satwa K9 dari personil K9 Ditsatwa Baharkam Polri, serta penyerahan Satwa K9 dan Perlengkapan kebutuhan Satwa.

Usai penyerahan satwa K-9 kepada Kapolres Tegal Kota, Brigjen Pol Hariyanto mengatakan, satwa merupakan anjing yang sangat terlatih, tangguh dan memiliki ketrampilan luar biasa yang siap digunakan untuk mendukung tugas-tugas operasional Kepolisian guna menciptakan situasi aman dan kondusif diwilayah hukum Polres Tegal Kota.

“Anjing tersebut berasal dari Belanda dan sudah terlatih. Memiliki kemampuan lacak umum dan pengendalian massa,” katanya Brihjen Hariyanto.

Satwa K-9 yang diserahkan kepada Polres Tegal Kota yakni bernama Gringo, Ras (Germani Sepherd) atau herder kelamin jantan. “Satwa tersebut diserahkan kepada Polres Tegal Kota dalam keadaan sehat disertai dengan dokumen hasil pemeriksaan medis. Anjing itu sudah melewati masa karantina selama 14 hari. Selanjutnya, adaptasi selama setahun dan kemudian menjalani pelatihan,” tutur Hariyanto.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo menyampaikan ucapan terimakasih atas penghargaan yang diberikan. Harapannya, dengan pemberian Satwa itu dapat meningkatkan pengamananan di wilayah Polres Tegal Kota.

nino moebi