blank
Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing (kiri), menyerahkan tropi kejuaraan Bhabinkamtibmas kepada Brpika Muli Haryanto (kanan).

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Suka usil tanam Beringin, Bhayangkara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Bripka Muli Haryanto, Senin (6/7), memperoleh penghargaan dari Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, dan juga meraih gelar juara Tingkat Polda Jateng.

Kasi Humas Polres Wonogiri Polda Jateng, Iptu Suwondo, dan Paur Humas Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, Bripka Muli Haryanto, bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Pare, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Bersama masyarakat dan relawan desa setempat, tampil memprakarsai gerakan penghijauan di lereng-lereng perbukitan desa. Ini diawali dengan keusilannya suka menanam bibit Pohon Beringin.

Pria kelahiran Sukoharjo, 16 Desember 1984 itu menuturkan, mulai bertugas di Desa Pare Bulan Agustus 2017 lalu. Dia prihatin mendapati beberapa sumber mata air di Desa Pare mulai berkurang debitnya. ”Saat kemarau tiba, warga mengalami kekurangan air untuk pemenuhan hidup sehari-hari,” ujarnya.

Bripka Muli mengumpulkan bibit Pohon Beringin dari pedhayangan atau pundhen yang oleh warga dianggap sebagai tempat keramat dan dikeramatkan. Untuk disemai di gelas plastik bekas wadah air mineral.

Lereng Perbukitan
Ketika tumbuh dipindahkan ke polibag, dan bersama warga serta para relawan desa, kemudian dilakukan gerakan tanam penghijauan. Mengetahui kreativitas Bripka Muli, Dinas Kehutanan peduli ikut membantu bibit. Saat datang musim penghujan, bibit kemudian ditanam di lereng perbukitan Desa Pare.

blank
Bhabinkamtibmas Bripka Muli Haryanto (tengah) foto bersama dengan kapolres AKBP Christian Tobing (kiri) dan Kapolsek Selogiri AKP Sarno (kanan).

Penghijauan lereng perbukitan ini, bertujuan mencegah erosi dan bencana tanah longsor. Juga untuk memperbaiki kondisi alam, melestarikan lingkungan, serta sebagai upaya menumbuhkan kembali potensi sumber air.

”Saya memilih Beringin, karena belajar ke Mbah Sadiman,” ujar Bripka Muli Haryanto. Mbah Sadiman, adalah warga Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, penerima anugerah Kalpataru sebagai tokoh pelestari alam tingkat nasional, yang menghijaukan lereng selatan Gunung Lawu, demi menumbuhkan potensi sumber air.

Beringin yang ditanam di lereng perbukitan Desa Pare, ditandai dengan acir (patok bambu yang ditancapkan di dekatnya), agar tidak hilang diambil pemburu bibit bonsai. Bersama itu, juga dilakukan pendekatan dengan komunitas pecinta bonsai, agar jangan mengambil Beringin yang ditanamnya.

Juara Polda
Berkat kreativitasnya tersebut, Bhabinkamtibmas yang tinggal di Dusun Gemutren RT 3/RW 5, Desa Pule, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, ini berhasil meraih juara II lomba Bhabinkamtibmas Tingkat Polda Jateng 2020. Atas prestasinya ini, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, memberikan penghargaan kepada Polres Wonogiri saat berlangsung peringatan Hari Bhayangkara ke-74 di Mapolda Jateng.

blank
Bripka Muli Haryanto, Bhabinkamtibmas Desa Pare, Kecamatan Selogiri, Wonogiri, meraih juara II lomba Bhabinkamtibmas di Tingkat Polda Jateng 2020.

Selain menanam bibit beringin, Bripka Muli Haryanto, juga menanam bibit sengon dan Jambu Mete, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Juga bertujuan untuk menyediakan pakan kera, agar kelak tidak turun ke pemukiman warga.

Kapolres AKBP Chritian Tobing, bangga dengan prestasi Bripka Muli Haryanto tersebut. Kiranya ini dapat menjadi inspirasi bagi anggota Bhabinkamtibmas yang lain. ”Jadilah panutan warga, agar mampu menggerakkan masyarakat,” pesan Kapolres.

Bambang Pur