blank
Kesibukan warga di Pasar Glendoh jelang penutupan sementara per Minggu (28/6/2020). Foto : hana

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Pasar Glendoh akan ditutup sementara mulai Minggu (28/6/2020) menyusul adanya tiga orang pedagang di Pasar Glendoh terkonfirmasi positif Covid-19 berdasar hasil swab Jumat (26/6/2020) kemarin. Penutupan pasar tersebut dilakukan selama 14 hari.

Semula pasar yang berada di Jalan R. Suprapto Purwodadi ini akan ditutup pada Sabtu (27/6/2020). Namun, para pedagang meminta waktu satu hari untuk mempersiapkan diri jelang penutupan Pasar Glendoh. Hal tersebut diungkapkan Kabid Pasar Dinas Perdagangan Kabupaten Grobogan, Arief Effedi Zarkasi, saat dikonfirmasi, Sabtu (27/6/2020).

“Pedagang minta waktu sehari untuk persiapan, maka surat Kepala UPTD Pasar Wilayah Tengah memberitahukan kepada masyarakat bahwa pasar tutup mulai 28 Juni 2020,” kata Arief.

Kesibukan para pedagang terlihat di Pasar Glendoh. Aktivitas jual beli masih berlangsung di pasar yang mayoritas diisi pedagang ternak unggas ini.

Diantara para pedagang dan pembeli ini, ada beberapa yang menggunakan masker.

Beberapa lagi membawa masker, namun tidak dikenakan. Namun, satu sama lain dari mereka saling mengingatkan agar tetap menggunakan masker dan melakukan protokol kesehatan yang lainnya.

Adanya hal itu, Arief mengimbau kepada seluruh pedagang maupun pembeli di seluruh pasar tradisional agar tetap mengindahkan protokol kesehatan. Hal ini penting guna mencegah penyebaran virus covid-19 ini.

“Untuk pedagang dan pembeli di pasar lain, selain dari petugas yang selalu mengingatkan melalui pengeras suara, kita juga sudah sampaikan agar masyarakat beraktivitas di pasar untuk selalu mematuhi protokol kesehatan guna pencegahan Covid-19.”

“Selain itu Pemkab juga telah membentuk tim pengawasan dan ketertiban pelaksanaan protokol kesehatan yang bertugas di tempat-tempat kerumunan masyarakat, termasuk pasar-pasar milik pemerintah kabupaten,” tutup Arief.

Hana Eswe-Wahyu