blank
SIMBOLIS: Bupati HM Natsir, menerima secara simbolis paket Jogo Tonggo Kit, untuk 249 desa, guna pencegahan penyebaran covid-19. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Tingginya angka kasus positif covid-19 di Kabupaten Demak, menjadi perhatian khusus berbagai pihak. Beragam upaya dilakukan Pemkab untuk menekan kasus itu.

Perhatian khusus juga muncul dari anggota DPRD Jateng Dapil 3, yang memberikan bantuan berupa Jogo Tonggo Kit, kepada Pemkab Demak, untuk kemudian disalurkan ke seluruh desa/kelurahan yang berjumlah 249 desa.

Penyerahan bantuan berlangsung di Pendapa Kabupaten Demak, Jumat (26/6/2020). Bantuan diserahkan perwakilan DPRD Jateng kepada Bupati HM Natsir, meliputi 13 item. Di antaranya masker, cairan disinfektan, thermo gun, APD untuk petugas dan alat penyemprot disinfektan.

BACA JUGA : Covid-19 di Kudus Meledak, Sehari 21 Kasus Positif Baru

Bupati HM Natsir dalam sambutanya menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi gerakan Jogo Tonggo, sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran covid-19, yang dalam pelaksanaannya meliputi dua hal, yakni jaring pengaman sosial dan keamanan, serta jaring ekonomi.

”Sejak dicanangkan Gubernur, kami telah melaksanakan gerakan ini dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat. Mulai dari linmas hingga karang taruna, dengan harapan bisa memantau pergerakan penyebaran covid-19,” kata Bupati.

Sementara itu, perwakilan DPRD Jateng dari Dapil 3, Hj Nur Saadah mengaku, dirinya beserta anggota lain dari Dapil 3, sudah sejak awal terjadinya kasus covid di Jateng, terus menyalurkan bantuan protokol kesehatan, di wilayah Dapil 3, dengan dana dari iuran anggota.

Hidup Berdampingan
”Kami merasa prihatin dengan Kabupaten Demak, atas meningkatnya kasus positif covid-19. Untuk itu kami datang, guna men-support Pemkab Demak dalam penanganan covid-19,” terangnya.

Ditambahkanya, masyarakat masih banyak yang keliru menafsirkan New Normal. Mereka beranggapan, New Normal berarti sudah normal.

”Inilah tugas kita, untuk terus intens mengingatkan dan mengedukasi masyarakat tentang tatanan baru, berupa hidup berdampingan dengan covid-19, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” imbuhnya.

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Bupati Demak, sejumlah anggota DPRD Jateng Dapil 3, Kepala Balai Kesehatan Masyarakat Wilayah Pati, Pimpinan OPD, Camat dan Lurah se-Kabupaten Demak.

Rudy-Riyan