blank
Kapolres Grobogan, AKBP Jury Leonard Siahaan saat berdialog dengan warga di sebuah poskamling di Desa Kapung, Kecamatan Tanggungharjo. Foto : Hana Eswe/ist.
GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Kapolres Grobogan, AKBP Jury Leonard Siahaan melakukan pemantauan Pos Kamling sekaligus pencanangan Kampung Tangguh Nusantara Candi tahun 2020, Rabu (24/6/2020) malam.
Kegiatan ini dipusatkan di Desa Kapung, Kecamatan Tanggungharjo. Dalam kesempatan itu, AKBP Jury memantau keaktifan warga di Pos Kamling RT 2 RW 4. Tanya jawab terjadi diantara Kapolres dengan warga yamg mengikuti ronda malam di pos tersebut.
Di sana, pria yang baru saja menjabat sebagai Kapolres Grobogan ini juga melakukan sosialisasi agar tetap mengedepankan protokol kesehatan. Selalu jaga jarak, rajin cuci tangan dan menggunakan masker.
Tak hanya memantau pos kamling, Kapolres juga mencanangkan Kampung Tangguh Nusantara Candi 2020. Hadir dalam pencanangan tersebut, Camat Tanggungharjo Djoko Mulyono, Kades Kapung Musarokah, Danramil Tanggungharjo Kapten Aniful Murtadlo dan PJU Polres Grobogan serta Polsek Tanggungharjo.
blank
Kades Kapung, Musarokah saat menerima dispenser cuci tangan dari AKBP Jury Leonard Siahaan. Dispenser ini akan dipergunakan untuk sarana cuci tangan bagi warga setempat. Foto : Hana Eswe/ist.

“Kampung Tangguh Nusantara Candi merupakan penjabaran program dari bapak Kapolri dengan tiga tujuan, yaitu tangguh dalam hal ekonomi masyarakat untuk saling berbagi dan saling membantu di masa pandemi Covid-19, tangguh dalam hal keamanan sinergitas TNI Polri serta peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan di lingkungan agar tercipta situasi yang kondusif, serta tangguh dalam hal gotong royong dimana masyarakat yang mampu saling memberi dan berbagi dengan sesama di masa pandemi Covid-19,” jelasnya.

Pihaknya berharap, Kampung Tangguh bisa di bentuk di tiap desa se Kecamatan Tanggungharjo berdasar atas kerja sama Forkopincam dengan pemerintah desa serta masyarakat.
Sementara itu, Camat Tanggungharjo Djoko Mulyono menjelaskan, tujuan dibentuknya siskamling untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat serta menangkal gangguan keamanan. Selain itu, di tengah Pandemi Covid-19 ini, Djoko meminta warga tetap menjaga kesehatan dan kebersihan dimulai dari keluarga.
“Kami mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan di mulai dari keluarga. Selain itu, menjelang Pilkada serentak Kabupaten  Grobogan yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020, kami mengharapkan masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban,” ungkap dia.
Hana Eswe-Wahyu