blank
Anggota Akmil mengikuti pembinaan mental, hari ini. Foto: Eko Priyono.

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Gubernur Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurachman menyampaikan bahwa bangsa yang kuat berasal dari keluarga yang kuat. Itu disampaikan dalam kegiatan Bintal Satuan, Senin hari ini.

Menurut dia, tema itu memiliki peran yang sangat strategis bagi keberhasilan pembinaan personel dan keluarganya. Khususnya dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, Tuhan yang Mahaesa sebagai landasan  moral dalam melaksanakan tugas di Akademi Militer.

Di sisi lain Gubernur Akmil menekankan, pembinaan mental bagi organik tentunya bukan hanya merupakan tanggung jawab komando dan Satuan Bintal saja. Akan tetapi kesadaran dan tekad dari setiap anggota untuk menjadi insan yang senantiasa bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan taat terhadap hukum yang berlaku. “Itu merupakan faktor utama dalam menegakkan disiplin dan tata tertib satuan,” katanya.

Kolonel Arm Joko Purnomo dalam acara yang sama menuturkan bahwa dalam kehidupan keluarga yang baik harus dibangun dengan rasa cinta. Dimulai dengan kasih sayang, serta dipelihara dengan kesetiaan. Sehingga akan tercapai keluarga yang harmonis.

Kegiatan Pembinaaan Mental (Bintal) Satuan Triwulan II tahun 2020 organik Akmil itu diikuti perwakilan dari masing-masing satuan. Hadir sebanyak 794 orang yang terdiri 433 anggota militer, 200 PNS, 161 Persit. Bertempat di Gedung Lilly Rohly.

Kegiatan Bintal itu bertujuan untuk membangun ketahanan mental prajurit beserta keluarganya dengan jalan meningkatkan Bintal Rohani, Bintal Ideologi dan Bintal Kejuangan.

Kegiatan pembinaan mental merupakan salah satu dasar upaya pembinaan satuan yang dapat mencegah dan mengurangi pelanggaran hukum, disiplin dan tata tertib, serta memberikan bekal. Agar sikap mental dan perilaku prajurit, PNS dan Persit di lingkungan Akmil senantiasa dapat menjadi teladan bagi taruna maupun peserta didik yang ada di Akademi Militer.

Eko Priyono-trs