blank
Wakapolres Kompol Edi Wibowo (kiri), membagikan nasi kotak dengan lauk menu RTG kepada juru parkir. Nasi kotak itu dimasak oleh jajaran prajurit TNI bersama insan Bhayangkara Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dapur umum TNI-Polri Wonogiri, Kamis (18/6), masak menu RTG yakni Rendang, Tengkleng dan Gulai. Tiga menu istimewa serba daging tersebut, dimasak di tenda yang dididirikan di halaman Mapolres Wonogiri.

Para personel militer dari Kodim 0728 Wonogiri bersama insan Bhayangkara Polres Wonogiri, tampil menjadi juru masaknya. Setelah masak, kemudian dijadikan lauk pelengkap nasi kotak, untuk dibagi-bagikan kepada warga kurang mampu yang terdampak wabah virus corona.

Kapolres Wonogiri, AKBP Cristian Tobing, menyatakan, dapur umum TNI Polri ini, diadakan untuk melayani warga masyarakat kurang mampu di masa pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19. ”Saya berharap, ini bisa sedikit meringankan beban warga yang terdampak Covid-19,” jelas Kapolres.

blank
Personel Polwan Polres Wonogiri bersama para prajurit TNI Kodim 0728 Wonogiri, tampil menjadi juru masak menu RTG di tenda dapur umum TNI-Polri.

Wujud Sinergitas
Kasi Humas Polres Wonogiri Polda Jateng, Iptu Suwondo dan Paur Humas Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, pendirian dapur umum TNI-Polri ini, merupakan wujud sinergitas jajaran prajurit bersama insan Bhayangkara, dalam menyikapi dampak pandemi Covid-19 di Kabupaten Wonogiri.

”Dapur umum TNI-Polri ini, sudah eksis selama kurang lebih tiga bulan,” jelas Aipda Iwan Sumarsono. Lokasinya di halaman Kodim 0728 Wonogiri dan di halaman Mapolres Wonogiri. Produk masakan dari dapur umum TNI-Polri ini, dikhususkan sebagai bantuan makan yang dibagi-bagikan kepada warga secara gratis.

Sebanyak 200 nasi kotak dengan lauk menu RTG, Kamis siang (18/6), dibagikan kepada warga di area depan Pasar Wonogiri Kota dan Terminal Angkot, juga di Shelter Angkutan Umum Kota  Wonogiri.

blank
Di tenda dapur umum, Wakapolres Wonogiri Kompol Edi Wibowo (kanan) mengajak para pelajar asal Papua yang bersekolah di Wonogiri, untuk mencicipi menu lauk RTG.

Pelajar Papua
Hadir dalam kegiatan ini, Kapolres AKBP Christian Tobing, Wakapolres Kompol Edi Wibowo bersama para Pejabat Utama (PJU) Polres beserta para anggota, Pasilog Kodim 0728 Kapten (Inf) Oyon, Danramil-01 Wonogiri Kota, Lettu Mulyono bersama para anggota Kodim 0728 Wonogiri. ”Juga melibatkan enam pelajar asal Papua yang selama ini bersekolah di Wonogiri,” jelas Aipda Iwan Sumarsono.

Nasi kotak dengan lauk RTG tersebut, menjadi menu makan siang bagi para buruh angkur pasar, tukang ojek, juru parkir, tukang panggul dan buruh gendong serta awak kendaraan angkutan umum. Pembagiannya dipimpin oleh Wakapolres Wonogiri Kompol Edi Wibowo bersama Pasilog Kodim 0728 Kapten (Inf) Oyon, masing-masing bersama anggota.

Tato, salah seorang tukang parkir, spontan memberikan komentar: ”Wah elok, lauknya tengkleng,” saat membuka kotak nasi yang diterima dari personel prajurit dan anggota kepolisian tersebut. Ungkapan takjub, juga disampaikan oleh teman-temannya, yang menerima nasi kotak dengan lauk rendang atau gulai.

blank
Personel Polres Wonogiri dan prajurit TNI Kodim 0728 Wonogiri, bertugas membagi-bagikan nasi kotak dengan menu lauk RTG kepada awak angkutan umum.

Bagi Sembako
Pasilog Kodim 0728 Wonogiri, Kapten (Inf) Oyon, menyebutkan, langkah sinergitas jajaran TNI-Polri di Kabupaten Wonogiri ini, tidak saja dilakukan dengan mendirikan dapur umum dan membagi-bagikan makanan secara cuma-cuma kepada warga.

blank
Personel Polwan dan anggota TNI Kodim 0728 Wonogiri, bertugas meracik nasi kotak dengan kelengkapan lauk menu RTG.

Tapi juga dilakukan dalam kebersamaan membagi-bagikan bantuan sembako, bahan pangan, dan masker gratis kepada warga masyarakat. Sinergitas jajaran TNI-Polri, juga dilakukan saat melaksanakan penyemprotan massal disinfektan di tempat-tempat umum pelayanan publik, seperti di pasar dan pekantoran.

Kebersamaan TNI-Polri di Wonogiri, juga dilaksanakan ketika mengadakan kampanye pencegahan wabah corona kepada warga masyarakat, yang dilakukan bersama instansi terkait.

Bambang Pur