Pimpinan DPRD Jateng Cek Logistik Posko Covid-19
Ketua dan Wakil Ketua DPRD Jateng memantau ketersediaan logistik posko Covid-19 di Wisma Perdamaian Semarang, Rabu (17/6/2020).

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Jajaran Pimpinan DPRD Jateng mengecek ketersediaan logistik di Posko Gugus Tugas Covid-19 yang berada di kompleks Wisma Perdamaian (Wisper), Kawasan Tugu Muda Kota Semarang, Rabu (17/6/2020) siang.

 

Selama lebih kurang 60 menit, Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto bersama keempat wakil ketua melihat langsung ketersediaan logistik. Di antaranya seperti masker, alat pelindung diri (APD), hingga penyanitasi tangan (hand sanitizer).

 

Bahkan, stok sembako seperti beras, susu, mi instan, tak luput dari pengecekan. Disana, pria yang akrab disapa Bambang Kribo itu mencoba mengendarai sepeda motor roda tiga yang menjadi kendaraan distribusi bantuan.

 

“Kami hadir di Wisma Perdamaian ini untuk melihat ketersediaan logistik. Bantuan-bantuan dari masyarakat termasuk kalangan swasta ditempatkan di Wisper (Wisma Perdamaian),” ucap Politikus PDI Perjuangan itu didampingi Wakil Ketua Sukirman, Heri Pudyatmoko, Ferry Wawan Cahyono, dan Quatly Abdulkadir.

 

Pimpinan DPRD Jateng Cek Logistik Posko Covid-19
Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto dan Wakil Ketua DPRD Jateng Quatly Abdulkadir Alkatiri mengecek ketersediaan hand sanitizer di posko Covid-19 Wisma Perdamaian Semarang, Rabu (17/6/2020).
Distribusi Bantuan Logistik

Dalam kesempatan itu pula, Heri Pudyatmoko menanyakan mengenai mekanisme pemberian bantuan kepada masyarakat. Beberapa waktu lalu, beberapa daerah memperketat pergerakan warganya.

 

Terlebih, ada yang terpapar virus korona. Dengan demikian, suplai bantuan kepada masyarakat tidak boleh terputus.

 

“Mekanismenya bagaimana pendistribusian bantuan dari posko? Jangan sampai ada lokasi yang menjadi daerah penyebaran Covid-19 tidak menerima bantuan,” tanya legislator Gerindra tersebut.

 

Petugas Posko Gugus Tugas Covid-19 Eri Prasetya mengatakan, mekanisme distribusi bantuan logistik berdasarkan surat permohonan pendistribusian logistik Gugus Tugas. Barulah, selanjutnya logistik dikirimkan kepada daerah.

 

“Pendistribusian logistik APD sejauh ini telah disebarkan kepada seluruh Dinas Kesehatan di 35 kabupaten/ kota, serta ke beberapa rumah sakit rujukan utama seperti RSUP dr Kariadi Semarang, RSUD dr Moewardi Surakarta, dan UPT Dinas Kesehatan Provinsi Jateng melalui transportasi darat,” katanya.

 

Dalam kesempatan tersebut, seluruh pimpinan DPRD yang meninjau juga meminta agar seluruh satuan gugus tugas Covid-19 bisa menjaga kesehatan dirinya. Hal ini untuk menjamin seluruh pihak tetap aman dan selamat selama pandemi ini. (ADV)