blank
ILUSTRASI

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Guna meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan, Pemkab Sukoharjo membeli empat unit mobil ambulans. Dengan pembelian empat ambulans tersebut, semua Puskesmas di 12 kecamatan sudah terpenuhi.

Pengadaan empat mobil ambulans tersebut dilakukan oleh Bagian Umum Setda pemkab Sukoharjo dengan anggaran Rp893,96 juta. “Pengadaan mobil ambulans sebanyak empat unit ini untuk kecamatan yang belum memiliki,” ujar Kabag Umum Setda Pemkab Sukoharjo, Feriyanti.

Terkait pendistribusian, empat ambulans itu diberikan untuk Kecamatan Nguter, Weru, Polokarto, dan Kecamatan Bulu. Ambulans tersebut menggunakan mobil Suzuki APV dengan harga per unit Rp 223,49 juta. “Untuk penyerahan ke masing-masing Puskesmas sendiri, menjadi kewenangan Dinas Kesehatan.”

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Yunia Wahdiyati mengatakan, untuk delapan Puskesmas lainnya sudah memiliki mobil ambulans sehingga tinggal empat Puskesmas yang belum memiliki. Untuk itu, di tahun 2020 ini dilakukan pengadaan empat mobil ambulans oleh Bagian Umum Pemkab. Yunia mengaku empat mobil ambulans tersebut sudah didistribusikan ke masing-masing Puskesmas. “Saat ini sudah semua Puskesmas punya mobil ambulans sehingga diharapkan pelayanan lebih maksimal. Terlebih lagi saat ini ada pandemi virus Corona,” ujarnya.

Soes