blank
LAMBAIKAN TANGAN: Juergen Klopp melambaikan tangan ke para pendukungnya, usai laga lawan Wolverhampton Wanderers, dalam pertandingan pekan ke-24 Liga Inggris, di Stadion Molineux, Wolverhampton, Inggris, Kamis (23/1/2020) lalu. Foto: antara

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Keputusan Liga Premier untuk kembali melakukan latihan pada pekan ini, sebagai upaya menyelesaikan musim pada pertengahan Juni mendatang, didukung Manajer Liverpool, Juergen Klopp.

Klub-klub Liga Inggris sebelumnya telah menyepakati untuk kembali menggelar latihan dalam kelompok kecil, mulai Selasa (19/5/2020), usai tahapan akhir “Project Restart” disetujui Senin (18/5/2020).

Klopp menilai, keputusan itu merupakan langkah yang tepat dilakukan di waktu yang tepat.

BACA JUGA : Inilah Situasi Terkini Perkembangan Keberlanjutan Liga-Liga Eropa

”Tidak ada yang ingin membawa siapa pun dalam bahaya. Tetapi saya pikir dengan hal yang kita tahu, dengan tetap berpegang pada aturan jaga jarak, tes sesering mungkin, para pemain akan aman,” ujar Klopp sebagaimana dilansir laman resmi klub, Rabu (20/5/2020).

Dia mencontohkan langkah Jerman yang sudah lebih dulu melanjutkan liga. Meski ditemukan adanya kasus positif covid-19 di antara para pemain, namun mereka berhasil membuktikan, dengan protokol ketat yang diterapkan, Bundesliga mampu menjadi liga sepak bola papan atas Eropa yang kembali memutar kompetisinya.

Klopp pun yakin, Liga Inggris bisa menyusul langkah positif yang sudah dilakukan Bundesliga.

”Ini adalah momen bagus untuk melakukan latihan. Lalu hal-hal lain tentu akan mengikuti. Liga Premier terlihat memungkinkan, dan di Jerman bahkan sudah terjadi untuk dimainkan secara tertutup,” imbuh dia.

Meski dimainkan secara tertutup, manajer asal Jerman itu yakin, kembalinya Bundesliga menunjukkan, bahwa pertandingan akan tetap berjalan intens seperti biasanya.

Membiasakan Diri
Klopp sendiri mengaku girang bisa kembali menggelar latihan bersama The Reds, di kamp pelatihan mereka di Melwood, mulai pekan ini.

”Saya bisa bilang bahwa saya sangat bahagia. Saya tidak sabar menunggu. Jadi saya sangat senang bila kami bisa latihan lagi di Melwood,” tukas dia.

Untuk memulai kembali latihan, Klopp mengungkapkan akan ada beberapa hal yang harus disesuaikan, seperti membiasakan diri dengan bola, lapangan, sepatu serta cara mengoper bola.

Ada pun dalam latihan sesi pertamanya nanti, Klopp menyatakan kemungkinan dirinya cuma akan melibatkan empat hingga lima pemain di lapangan, dalam satu sesi atau satu hari latihan.

Ant-Riyan