blank
Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing (ketiga dari kanan) ketika melakukan sidak ke Pos Chek Point di Glonggong, wilayah perbatasan Wonogiri (Jateng)-Pacitan (Jatim).

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kapolres Wonogiri Polda Jateng, AKBP Christian Tobing SIK, MH, MSi, melakukan serangkaian sidak pengecekan di sejumlah Pos Check Point lintas batas antarprovinsi. Ini dilakukan dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Candi (OKC) Tahun 2020, sekaligus sebagai langkah pencegahan pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19.

Paur Subag Humas Polres Wonogiri Polda Jateng, Aipda Iwan Sumarsono, Minggu (17/5), menyatakan, Pos Check Point  yang disidak Kapolres terdiri atas Pos Biting Kecamatan Purwantoro yang berada di perbatasan Kabupaten Wonogiri (Jateng)-Kabupaten  Ponorogo (Jatim).

blank

Kemudian Pos Check Point di Gedong Kecamatan Pracimantoro, yang merupakan tapal batas Kabupaten  Wonogiri (Jateng)-Kabupaten Gunungkidul (DI Yogyakarta). Berikut ke Pos Chek Point di Glonggong Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri (Jateng), yang berbatasan dengan Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan (Jatim).

Di masing-masing Pos Chek Point lintas batas antar-Provinsi tersebut, selama ini dijaga secara nonstop oleh petugas gabungan. Yakni dari jajaran kepolisian Polres Wonogiri, prajurit TNI jajaran Kodim 0728 Wonogiri, personel Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri, beserta petugas medis kesehatan dan unsur terkait lainnya.

 

blank
Bersamaan sidak ke sejumlah pos chek point, Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing (kiri) berkenan memberikan bingkisan oleh-oleh makanan ringan untuk petugas jaga pos.
Langkah Penyekatan

Kepada petugas jaga Pos Chek Point, Kapolres menanyakan tentang berbagai hal yang terkait dengan pelaksanaan tugas OKC Tahun 2020. Juga masalah yang berkait dengan tindakan pencegahan wabah virus corona. Ini terkait dengan langkah penyekatan yang dilakukan di wilayah perbatasan.

Dalam sidak ke sejumlah Pos Chek Point litas perbatasan antar-Provinsi tersebut, Kapolres juga mengamati kelengkapan dan fasilitas yang ada di pos. Juga meneliti data yang dituliskan pada panel dinding pos. Kepada petugas jaga pos, ditanyakan apakah ada kendala yang dihadapi dan bagaimana solusinya.

Sebelum meninggalkan Pos Chek Point yang disidak, Kapolres berkenan memberikan bingkisan oleh-oleh makanan ringan kepada petugas pos. Sejauh ini, situasi di masing-masing pos lintas batas antarprovinsi dilaporkan aman terkendali, situasi arus lalu lintas lancar tidak ada kendala.

 

Bambang Pur