blank
Bupati Kebumen menyaksikan seorang penerima bantuan sosial tunai antre mengambil uang di depan petugas Kantor Pos Kebumen, Jumat 8/5.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID)  – Warga terdampak sosial ekonomi Covid-19 di Kabupaten Kebumen kini sedikit bernafas lega. Pasalnya, Kantor Pos Kebumen mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial Republik Indonesi kepada 27.191 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Kebumen, Jumat (8/5).

Penyaluran BST di hari pertama yang berlangsung di Kantor Pos itu dihadiri Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz. Turut mendampingi Sekda H Ahmad Ujang Sugiono SH, Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencanal Kabupaten Kebumen Eko Widianto, Kepala Kantor Pos Kebumen Wendi Nugroho, Asisten I Sekda Hery Setyanato serta sejumlah pejabat.

Bupati Yazid Mahfudz menggungkapkan, setiap penerima bantuan menerima Rp 600 ribu setiap bulan selama tiga bulan. Untuk Kecamatan Kebumen sendiri jumlah cukup banyak sebanyak 3.000-an penerima lebih yang disalurkan selama 4 hari.

blank
Penyaluran Bantuan Sosial Tunai di Kantor Pos Kebumen dilakukan dengan penerapan social distancing dan physical distancing tau jaga jarak.(Foto:SB/Ist)

Menurut Bupati, bantuan dari Pemerintah Pusat tersebut sangat bermanfaat bagi penerima manfaat yang terimbas wabah Covid-19. Apalagi saat ini menjelang Hari Raya Idul Fitri.  “Berhemat-hematlah dalam menerima bantuan ini dan tidak untuk foya-foya,”pesan Yazid Mahfudz.

Kepala Kantor Pos Kebumen Wendi Nugroho menjelaskan, dari 27.191 penerima bantuan, Kantor Pos di Kebumen menyalurkan 21.736 penerima. Sisanya disalurkan melalui Bank Himbara yang tersebar di 4 bank, yaitu Bank Mandiri, BTN, BRI dan BNI. Bantuan tersebut harus disalurkan maksimal hanya 5 hari. Setelah itu baru disalurkan door to door ke rumah-rumah penerima.

Wendi menuturkan, BST yang disalurkan itu merupakan bantuan tahap pertama untuk April yang dibayarkan pada Mei ini. Mulai 9 Mei besok, akan disalurkan di 22 Kantor Pos yang ada di Kabupaten Kebumen.”Untuk warga yang jauh dari Kantor Pos kita ada pembayaran komunitas di kecamatan terdekat. Bagi penerima yang jompo, sakit atau berhalangan hadir karena kesehatan akan kita antarkan setelah jadwal utama kita selesai,”ujar dia.

Komper Wardopo