blank
Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz didampingi Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengadakan jumpa pers, Senin, 4/5.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pemkab Kebumen patut prihatin terhadap perkembangan kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sebab dari empat pasien positif yang baru, tiga di antaranya merupakan tenaga harian lepas (THL) di lingkungan Pemkab.

Hal itu terungkap dari penjelasan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (PP) Covid-19 Kebumen, Senin (4/5/2020). Gugus Tugas merilis tambahan 4 kasus positif Covid-19. Keempat kasus baru itu hasil laboratorium swab atas rujukan Dinas Kesehatan Kebumen.

Dari 4 orang positif Covid-19 Kebumen, 3 orang diantaranya tenaga harian lepas (THL) di lingkungan Pemkab Kebumen. Bupati Kebumen yang juga Ketua Gugus Tugas PP Covid-19 KH Yazid Mahufdz mengungkapkan, adanya 4 kasus Covid-19 ini menunjukan di daerahnya masih ada penularan virus Corona.

“Diantara mereka tenaga harian lepas,“ujar Yazid Mahfudz kepada wartawan. Didampingi Humas Gugus Tugas PP Covid-19 Kebumen, Yazid meminta masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan untuk pencegahan penularan virus Corona. Diantaranya tetap mematuhi social dan physical distancing (menjaga jarak fisik), menggunakan masker setiap ke luar rumah untuk keperluan bepergian di tempat umum.

Apalagi keempat positif Covid-19 itu diklasifikasi Orang Tanpa Gejala (OTG). Hingga Senin (4/5/2020), di Kebumen ada 25 kasus positif Covid-19. Hari ini kasus positif Covid-19 tambah  4 orang atas nama pasien  SY  (39), laki-laki  Positif,  T (38) laki-laki positif, F (35) perempuan  Positif dan RCP (33), laki-laki positif. Empat4kasus ini berasal 9 PDP dengan rapid test reaktif atas rujukan lab Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen.

Gugus tugas sudah berupaya memberi pemahaman kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. Seperti memakai masker untuk pedagang di pasar tradisional. Kenyataanya masker dipakai hanya ketika diberikan. Di hari berikutnya banyak yang tidak mengenakan masker. Kepada setiap penyelengggara pelayanan umum, diminta menyediakan sarana cuci tangan, termasuk di pasar-pasar tradisional.

Koordinator Bidang Humas Gugus Tugas PP Covid-19 Kebumen, Cokroaminoto, mengungkapkan keempat positif Covid-19 baru itu tiga orang dirawat di Rumah Sakit Darurat, seorang pasien SY dirawat di sebuah rumah sakit transit Covid-19 Kebumen.

Anggota Bidang Humas Gugus Tugas, Kusbiyantoro menambahkan, tambahan 4 kasus baru itu merupakan hasil penelitian 9 swab. Hanya satu orang yang pernah bepergian ke Gowa, Sulawesi Selatan. Tiga orang lainya warga Kebumen yang pernah kontak langsung dengan pasien positif Covid-19.

Komper Wardopo