blank
Tim LP3M Unsiq Jateng di Wonosobo menyerahkan APD ke tenaga kesehatan di Puskesmas 2 Wonosobo. (Foto : SB/Muharno Zarka)

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Universitas Sains Al Quran (Unsiq) Jawa Tengah di Wonosobo melalui Lembaga Penerbitan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) membantu alat pelindung diri (APD) bagi tim medis.

Kepala LP3M Unsiq Sri Haryanto, Kamis (16/4), mengatakan APD berupa hazmart, masker kain, multivitamin dan susu, diberikan untuk tenaga kesehatan di RSUD KRT Soetjonegoro, Puskesmas Wonosobo, Kejajar, Garung, Kepil dan Sapuran.

“Paket donasi APD, multivitamin dan susu diberikan sebagai bentuk perhatian dan kepedulian keluarga besar Unsiq kepada tim medis yang menjadi garda terdepan dalam penanganan pasien Covid-19,” katanya.

Menurutnya, tim medis yang menangani pasien Corona layak mendapat suport secara fisik, mental dan spiritual. Fisik dan mental tenaga kesehatan harus siap untuk bertempur melawan virus Corona. Warga juga harus mendoakan agar tim medis selalu diberi kesehatan dan kekuatan.

blank
Sejumlah 3000 masker kain diberikan keluarga besar Unsiq ke masyarakat sebagai alat pelindung diri saat beraktifitas. Foto : SB/Muharno Zarka

3.000 Masker

Selain memberi bantuan APD kepada tim medis, keluarga besar Unsiq juga menyerahkan 3000 masker kain kepada warga yang terpaksa masih bekerja di masa pandemi global Covid-19. Mereka tetap bekerja meski ada kebijakan physical dan social distancing karena tuntutan ekonomi.

“Pengemudi ojek pangkalan (Opang), ojek online (Ojol) dan pedagang kaki lima (PKL) di beberapa sudut kota masih tetap beraktifitas. Mereka kerap wira-wiri di ruang publik untuk mengantar penumpang dan menjajakan dagangan,” sebutnya.

Dengan kondisi tersebut, sambungnya, mereka harus selalu mengenakan masker untuk perlindungan diri agar tidak tertular dan terpapar virus Corona. Karena mengenakan masker saat berada di luar rumah merupakan salah satu protokol kesehatan yang harus dijalani warga.

“Semua keluarga besar Unsiq berharap bantuan hazmart, vitamin, susu dan masker bermanfaat, baik bagi tenaga kesehatan maupun masyarakat. Mari sama-sama ikhtiar lahir dan batin, mudah-mudahan virus Corona segera sirna agar semua orang bisa melakukan aktifitas seperti sediakala,” ajaknya.

Muharno Zarka