blank
Gereja Kristen Jawa (GKJ) Plengkung, Jalan Piere Tendean nomor 4 Magelang. Foto: Suarabaru.Id/ Yon

blankMAGELANG (SUARABARU.ID)- Pandemic penyakit Corona Disease (Covid-19) yang berkepanjangan, memaksa  Majelis Gereja Kristen Jawa (GKJ) Plengkung memperpanjang ibadah secara dalam jaringan (daring/online) hingga 12 April mendatang.

blank
Ketua I Majelis GKJ Plengkung, Penatua Atyanto Widodo. Foto: Suarabaru.Id/ Yon

“Sebelumnya, jemaat GKJ Plengkung telah melaksanakan ibadah secara daring dan dilaksanakan di rumah masing-masing pada Minggu 22  dan 29 Maret kemarin. Dan, untuk ibadah Minggu dan Pekan Suci mulai 5  hingga 12 April mendatang, ibadah dilakukan di rumah masing-masing,” kata Ketua Majelis GKJ Plengkung, Penatua  Atyanto Widodo.

Atyanto mengatakan, sebagai gereja yang  turut bertanggung jawab untuk menekan penyebaran Covid-10,  GKJ Plengkung di antaranya dengan meniadakan kegiatan gerejawi yang sifatnya mengumpulkan jemaat secara fisik“Kami atas nama gereja dan  majelis,mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh jemaat yang sudah mendukung program gereja terkait keterpanggilan Gereja Tuhan dalam penanganan Covid-19,” imbuhnya.

Menurutnya, selama masa Pekan Suci mulai 5-12 April di gereja yang beralamatkan di Jalan Piere Tendean nomor 4 Kota Magelang tersebut sebenarnya akan dilaksanakan lima kali ibadah. Yakni,  ibadah Minggu Palmarum (5 April), ibadah Kamis Putih sekaligus sakramen Perjamuan Malam Paska (Kamis , 9 April). Kemudian, ibadah Jumat Agung (10/3), Sabtu Sunyi (11/ 4)  dan ibadah Minggu Paska  (12/4).

“Sebenarnya, pada ibadah Minggu Paska yang rencananya akan dilaksanakan 12 April tersebut juga akan dilakukan peneguhan dan pelerehan majelis. Namum, kegiatan tersebut kami tunda hingga waktu yang belum ditentukan,” katanya.

Dalam surat pengembalaan tertanggal 28 Maret 2020 dan ditandatangani Ketua I, Penatua Atyanto Widodo dan Sekretaris I, Penatua Sulasih disebutkan, untuk pelayanan Sakramen Perjamuan Malam Paska  akan dilaksanakan  pada Kamis(9/4)  Pukul 18.00 WIB mendatang.

“Ibadah dan perjamuan malam Paska tersebut ,  tetap dilaksanakan  meskipun tanpa perjumpaan langsung di gereja. Tetapi,  pelaksanaannya dilakukan secara daring. Sedangkan jemaat tetap  di rumah masing-masing,” katanya.

Menurutnya, untuk memandu ibadah Minggu dan ibadah selama Pekan Suci di rumah bersama keluarga, majelis akan berupaya menyediakan media video atau media lain. Selain itu, majelis juga akan menyediakan panduan liturgi tertulis bagi jemaat yang tidak dapat mengakses media online.

Yon-trs

 

Ketua I Majelis GKJ Plengkung, Penatua Atyanto Widodo. Foto: Suarabaru.Id/ Yon

 

 

 

.