blank
Wakil Bupati Wonosobo Ir Agus Subagiyo MSi ketika membagi masker gratis kepada ojek online (Ojol). Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Upaya pencegahan wabah Covid-19 terus dilakukan baik oleh pemerintah maupun masyarakat umum, pentingnya menjaga kebersihan diri, lingkungan dan tidak keluar rumah (physical distancing) menjadi salah satu upaya pencegahan penularan Covid-19.

Namun tidak semua masyarakat Wonosobo bisa tinggal dirumah saja dikarenakan harus mencari nafkah dan mencari kebutuhan sehari-hari. Mereka adalah para pekerja informal seperti buruh di pasar, karyawan toko, pengemudi angkutan umum, ojek online (Opang) dan ojek pangkalan (Opang).

Beberapa waktu lalu, Bupati lakukan kunjungan ke Pasar Kertek dalam upaya bersama-sama mengingatkan, agar masyarakat selalu mematuhi himbauan pemerintah. Sembari membagikan masker, juga mengedukasi kaitannya dengan pensikapan masyarakat untuk pencegahan dan penularan COVID-19.

Sementara itu, Wakil Bupati Wonosobo Ir Agus Subagiyo dan isteri Ani Agus Subagiyo, bersama Tim Peduli Keselamatan Wonosobo cegah Covid-19, juga membagikan masker kepada masyarakat, dalam rangka antisipasi dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Menurut penuturan Ani Agus Subagiyo, Senin (30/3), kegiatan ini dipicu rasa prihatin karena melihat kelangkaan masker di Wonosobo, padahal banyak masyarakat yang beraktifitas diluar yang riskan tertular oleh virus corona ini.

Ajak Relawan

blank
Pegiat Lions Club Wonosobo-Dieng Ani Subagiyo memberikan masker gratis kepada buruh panggul. Foto : SB/Muharno Zarka

Maka dari itu pihaknya berinisiatif untuk memberikan masker, untuk meminimalkan penularan virus corona ini, dengan mengajak relawan ikut bergerak membantu dalam penyaluranya.

“Awalnya saya prihatin karena kelangkaan masker, dimana-mana kosong, padahal banyak masyarakat yang ada diluar sana riskan tertular virus. Saya mencoba membantu walau hanya skala kecil untuk memberikan masker bagi pekerja di luar rumah dan bertemu banyak orang”, tuturnya.

Pembagian masker gratis dilakukan bersama Lions Club, Wanita Hasanah Wonosobo, Forum Pemuda Wonosobo, Bank Baju Muslimah, Rocket Chiken dan Komunitas Klinik Keremajaan Wonosobo. Masker gratis dibagi di lingkungan pedagang Pasar Induk Wonosobo, pelayan toko, tukang ojek sebagai prioritas utama yang berhadapan langsung dengan masyarakat.

Tahap pertama ini di lakukan dengan berbagi masker gratis di sekitar Jl Veteran, Pasar Induk Wonosobo, Pasar Tosari, Sumberan, hingga Jalan Pramuka. Total ada 2500 masker dibagikan kepada masyarakat Wonosobo secara cuma-cuma.

Kegiatan tersebut mendapat respon baik masyarakat karena harga masker sangat mahal dan langka. Berbagi masker gratis diharapkan dapat menghentikan penyebaran penularan virus Corona di Wonosobo. Selanjutnya akan dilakukan penyemprotan desinfektan di berbagai titik.

Muharno Zarka-Wahyu