blank
Bersamaan memimpin Brigade Red Cross melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan, Kepala Markas PMI Wonogiri, Warjo SSos (kanan), menyerahkan bantuan brosur sebagai materi bahan kampanye pencegahan virus corona.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bhayangkari dan Satlantas Polres Wonogiri, menggandeng Brigade Red Cross Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Wonogiri, melakukan penyemprotan disinfektan. Juga dilakukan sosialisasi serentak pencegahan wabah virus corona oleh sejumlah institusi, termasuk oleh semua jajaran Forkompincam se Wonogiri.

Seperti pernah diberitakan, seorang warga Desa Tawangrejo, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, meninggal menjadi korban wabah virus corona. Menyikapi ini, di Wonogiri digencarkan sosialisasi pencegahan Covid-19, dengan tujuan agar masyarakat tidak panik menyikapinya.

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing SIK, MH, MSi, melalui Kasubag Humas Iptu Suwondo dan Paur Subag Humas Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, penyemprotan disinfektan dilakukan Kamis (19/3), meliputi gedung dan kantor Bhayangkari, Kantor Satlantas dan gedung Taman Kanak-kanak (TK) Kemala Bhayangkari.

blank
Brigade Red Cross dari Markas PMI Wonogiri, foto bersama pengurus Bhayangkari, sebelum bertugas menyemprotkan disinfektan.

Cuci Pakai Sabun
Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Wonogiri, Ny Dewi Adi Nugroho, menyebutkan, penyemprotan juga dilakukan pada fasilitas dan tempat bermain anak-anak TK Kemala Bhayangkari. Wakapolres Wonogiri Kompol Adi Nugroho SH, SIK menambahkan, kepada warga diimbau agar menggunakan antiseptik dari fasilitas hand sanitizer yang telah disediakan. Juga dibagikan brosur tentang petunjuk cara cuci tangan memakai sabun.

Bersamaan itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri pimpinan Drs Bambang Haryanto MM, mengadakan kegiatan mobiling sosialisasi pencegahan Corona Virus Diease (Covid-19) di wilayah Kecamatan Wonogiri Kota dan Kecamatan Ngadirojo.

blank
Rakor pencegahan wabah virus corona, digelar di Kecamatan Puhpelem, Kabupaten Wonogiri. Rakor dipimpin Camat Puhpelem, Jaiman, bersama jajaran Forkompincam setempat.

Dengan mengerahkan 2 unit kendaraan dinas BPBD, kegiatan mobiling ini mencakup di seputaran Bangjo Gudang Seng, Pasar Wonogiri, Terminal Angkot dan shelter bus Wonogiri. Kemudian dilanjut ke Pasar Sidorejo, Terminal nonbus Ngadirojo, Pasar Ngadirojo, dan sepanjang jalan Wonogiri-Ngadirojo.

blank
Personel BPBD Kabupaten Wonogiri, bertugas melakukan mobiling kampanye pencegahan wabah virus corona ke wilayah Kecamatan Wonogiri Kota dan Ngadirojo.

Rakor Kecamatan
Kepala BPBD Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, menyatakan, materi sosialisasi yang disampaikan, fokus pada upaya pemahaman tentang pencegahan mewabahnya virus corona, dalam upaya menjaga ketenangan masyarakat agar tidak panik, serta penyebaran langkah-langkah antisipasinya.

Bertempat di ruang Rapat Kecamatan Puhpelem, Kabupaten Wonogiri, dilaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) pembinaan desa yang sekaligus dirangkai dengan sosialisasi pencegahan wabah virus corona. Rakor dipimpin Camat Puhpelem, Jaiman, bersama Danramil-24 Puhpelem, Kodim 0728 Wonogiri, Kapten (Inf) Tono, dan Kapolsek Puhpelem Iptu Budiono SE.

blank
Ketua dan Wakil Ketua DPRD Wonogiri, Setyo Sukarno dan Krisyanto (ketiga dan kelima berdiri dari kanan), foto bersama dengan Brigade Red Cross, sebelum melaksanakan tugas penyemprotan disinfektan.

Tampil menyampaikan materi sosialisasi pencegahan virus corona, Kepala Puskesmas Puhpelem Dokter Arif. Peserta Rakor melibatkan semua pimpinan dinas dna instansi di Kecamatan Puhpelem, para Kepala Desa (Kades) dan Lurah beserta perangkat desa serta para kader PKK, dan tokoh masyarakat.

Sosialisasi mobiling pencegahan wabah virus corona juga dilakukan oleh jajaran Forkompincam Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri. Dipimpin Camat, Sariman, Kapolsek Iptu Wartadi bersama Danramil-08 yang diwakili Serka Slamet.

Bambang Pur