blank
Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing (kedua dari kanan), bersama brigade red cross PMI Cabang Wonogiri pimpinan Warjo, bersiap melakukan penyemprotan cairan disinfektan.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Brigade Red Cross Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Wonogiri, Rabu (18/3), melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke gedung sekolah dan perkantoran di Kota Wonogiri. Yakni ke gedung SMK Negeri 1 Wonogiri dan Mapolres Wonogiri.

Langkah penyemprotan cairan disinfektan ini, dilakukan dalam upaya penanggulangan pandemi virus corona, yang saat ini tengah menggoncang dunia. Brigade Red Cross yang melaksanakan penyemprotan, dimpimpin langsung oleh Kepala Markas PMI Cabang Wonogiri, Warjo. Tindakan ini, sebagai wujud keseriusan dalam upaya pencegahan wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing SIK, MH, MSi, melalui Paur Kesehatan Polres Wonogiri, Aiptu Lilik, menjelaskan, kegiatan penyemprotran tersebut merupakan langkah kelanjutan dari upaya pencegahan Covid-19 di area Mapolres. Setelah sebelumnya, telah diadakan pemeriksaan suhu tubuh oleh Dokkes Polres Wonogiri, dan disediakannya hand sanitizer di berbagai tempat strategis semua ruangan Polres Wonogiri.

blank
Brigade Red Cross PMI Cabang Wonogiri, bertugas melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke gedung sekolah dan perkantoran di Kota Wonogiri.

Jangan Panik
Serangkaian tindakan ini, dilakukan dalam rangka peningkatan kewaspadaan terhadap pencegahan wabah corona virus. Dengan tujuan, untuk menciptakan tempat kerja yang aman dan nyaman serta sehat. Agar pelayanan kepada publik dapat diberikan secara maksimal.

Sementara itu, Bupati Wonogiri Joko Sutopo, menyerukan, agar masyarakat tidak panik. Karena pemerintah telah melakukan upaya pencegahan secara bersungguh-sungguh. Kepada masyarakat, diseru untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), melaksanakan gerakan masyarakat sehat (Germas), dan rajin mencuci tangan pakai sabun.

blank
Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing ikut tampil melakukan penyemprotan cairan disinfektan, dalam upaya pencegahan wabah virus corona.

Juga diserukan untuk menunda acara yang mengumpulkan orang banyak, seperti menggelar hajatan atau event-event lainnya. Pemkab Wonogiri, untuk sementara ini telah menutup obyek wisata dari kunjungan pelancong, dan meniadakan kegiatan Car Free Day (CFD). Pihak manajemen RSUD Wonogiri, juga telah meniadakan jam bezuk bagi pasien.

Bambang Pur