blank
Para polwan berlatih menembak sesuai arahan instruktur agar tidak terjadi salah tembak. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Jajaran polisi wanita di lingkungan Resort Grobogan mengikuti latihan menembak. Kegiatan ini digelar di Lapangan Tembak Gunungrejo, Desa Depok, Kecamatan Toroh, Rabu (26/2/2020).

Dalam kegiatan ini, ketua tim menembak, AKP Lamsir, memberikan arahan kepada para polwan sebelum menembak denga menggunakan senjata laras pendek. Bimbingan teknis ini dilakukan agar para personel mempunyai pengetahuan di bidang pengoperasionalan senjata jenis tersebut.

“Bimbingan teknis dilakukan lebih dulu agar para Polwan mampu dan memahami dalam mengoperasionalkan senjata api.  Bila salah dalam menggunakannya, maka akan berakibat fatal,” jelas pria yang kini menjabat sebagai Kapolsek Karangrayung.

AKP Lamsir mengungkapkan, dari ke hari, tugas seorang polisi semakin ke depan, semakin berat. Polisi harus jadi pengayom, pelindung, dan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Termasuk para srikandi Polres Grobogan ini.

“Jadi, tidak hanya personel yang pria saja yang kami latih menembak ini. Polisi wanita juga kami latih secara berala untuk meminimalisasi pelanggaran serta kesalahan prosedur penggunaan senpi selama anggota bertugas, sehingga tidak terjadi salah tembak.”

“Diharapkan, dalam latihan ini mereka mampu mengendalikan diri, lebih sabar dan tenang, dan tidak arogan dalam menggunakan senjata api serta dapat menguasai teknik menembak yang benar dan aman sehingga tidak membahayakan keselamatan orang lain,” ucap pria yang pernah menjabat sebagai Kasat Sabhara Polres Grobogan ini.

Dalam latihan ini, para polwan mempraktekkan berbagai teknik menembak. Yakni, menembak dengan satu tangan maupun dua tangan.

Hana Eswe-Wahyu