blank
Abdul Arif, salah satu peserta uji kelayakan dan kepatutan Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di DPP PKB di Jakarta foto bersama dengan dua penguji. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Empat tokoh Wonosobo yakni Abdul Arif, Triana Widodo, H Muhammad Albar dan H Hasan Asy’ari mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) di Jakarta, Kamis (24/2).

Abdul Arif dan Triana Widodo merupakan bakal calon bupati (Bacabup) dan H Muhammad Albar dan Hasan Asy’ari Bakal Calon Wakil Bupati (Bacabup) yang mendaftar melalui Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Wonosobo. Uji kelayakan dan kepatutan tersebut harus ditempuh sebelum keempatnya mendapat rekomendasi dari DPP PKB baik sebagai Bacabup dan Bacawabup Wonosobo. PKB sendiri saat ini masuk koalisi besar bersama PDIP, Gerindra, Demokrat, Hanura, Nasdem dan PAN.

Di DPP PKB Bacabup dan Bacawabup Wonosobo tersebut diuji oleh politisi senior DPP PKB Syaifulloh Maksum dan Yanuar Prihatin. Keduanya menanyakan kesiapan untuk maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan digelar 23 September 2020 mendatang.

“Saya ingin ikut membantu membawa Wonosobo bangkit dari kondisi saat ini menjadi lebih baik lagi. Potensi di bidang pertanian, pariwisata dan ekonomi di daerah pegunungan tersebut sangat luar biasa dan butuh terus dikembangkan,” katanya.

Sama dengan Abdul Arif, ketiga tokoh lain juga ditanyakan kesiapan maju dalam Pilkada dan visi dan missi yang akan diusung untuk memajukan Wonosobo lima tahun mendatang.

Rekomendasi DPP PKB akan turun setelah uji kelayakan dan kepatutan Pilkada selesai.

Profil Tokoh

blank
H Muhammad Albar, Ketua DPC PKB Wonosobo. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

Abdul Arif selama ini dikenal sebagai Ketua Askab PSSI Wonosobo. Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Ketua DPC PKB dan Sekretaris DPW PKB Jawa Tengah. Mantan wartawan Radar Kudus dan Radar Semarang itu, pernah jadi Korcab PMII Cabang Wonosobo.

“Di DPRD Wonosobo saya menjadi wakil rakyat selama dua periode (2004-2009 dan 2009- 2014) dan sempat menduduki jabatan Ketua Komisi B dan Wakil Ketua DPRD. Selain itu, saya pernah menjadi Wakil Sekretaris PCNU dan Ketua BPC HIPMI Wonosobo,” bebernya.

Mantan aktifis mahasiswa saat masih kuliah di Unsiq Jawa Tengah di Wonosobo juga merupakan figur yang direstui tiga kiai NU, yakni KH Achmad Chaedar Idris, KH Abdul Halim AYM dan KH Nurhidayatullah untuk maju menjadi calon Bupati Wonosobo.

Adapun Triana Widodo adalah pengusaha pemilik PT Cebong Imelindo yang pernah menjadi Ketua DPD Partai Golkar Wonosobo. Wiwid juga salah satu tokoh yang direkomendasikan Plat Hijau, wadah aspirasi politik kader NU, untuk maju sebagai Calon Bupati.

Sementara itu, H Muhammad Albar saat ini menjabat sebagai Ketua DPC PKB Wonosobo dan beberapa kali menjadi wakil rakyat di DPRD setempat. Saat ini kader NU yang pernah jadi aktifis IPNU dan GP Ansor ini menjadi Wakil Ketua DPRD Wonosobo.

Sendang H Hasan Asy’ari pernah menjadi Sekretaris DPC PKB dan anggota DPRD Wonosobo dan DPRD Propinsi Jawa Tengah. Ketika masih mahasiswa di Unsiq Wonosobo menduduki jabatan Korcab PMII, Ketua PC IPNU dan aktifis Lakpesdam NU Wonosobo.

Muharno Zarka-Wahyu