blank
Penyerahan Wayang Semar dari Ketua Pepadi kepada Siwoyo Hendro Pramono yang selanjutnya diteruskan kepada Ki Dalang Didik Purba Carito.

JEPARA (SUARABARU.ID) –  Untuk menjaga  seni budaya di daerah agar terus dapat tumbuh dan bahkan berkembang, maka perlu dibangun sinergitas bersama. Bukan hanya seniman dan pegiat budaya, tetapi juga pemerintah, baik eksekutif maupun legeslatif disemua  tingkatan serta lembaga kemasyarakatan yang ada. Sebab legeslatif memiliki kewenangan dalam hal penganggaran.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Andang Wahyu Triyanto, anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah saat memberikan sambutan pada Pagelaran Budaya Pentas Wayang yang diselenggarakan oleh DPD Masyarakat Adat Nusantara  (MATRA) Kabupaten Jepara. Acara tersebut  juga didukung oleh Yayasan Darma Bhakti Lestari, Yayasan Kartini Indonesia, Yayasan Marga Langit dan Pemerintahan Desa Karangnongko, Camat, Danramil dan Kapolsek Nalumsari.

blank
Andang Wahyu Triyanto bersama Ki Siwoyo Hendro Pramono dan Lena Efendi.

Pagelaran wayang  yang berlangsung  Sabtu malam  (22/2-2020) di lapangan desa Karangnongko, Kecamatan Nalumsari, Jepara ini  ditandai penyerahan wayang dari Ketua Pepadi Jepara, Ki  Hendro Suryo Kartiko kepada kepada sesepuh masyarakat, Siwoyo Hendro Pramono. Selanjutnya diserahkan kepada Ki Dalang Didik Purba Carito yang memainkan lakon Semar Boyong.

Lebih jauh Andang mengungkapkan,  lembaga pendidikan juga memiliki peran yang sangat besar untuk melestarikan seni budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. “Sebab dilingkungan sekolah ini kecintaan dan kebanggaan  terhadap bangsa dan juga budaya mulai ditanamkan,”ujar Andang Wahyu Triyanto yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Jepara.

Sementara Kepala Bidang Kebudayaan Dispartabud Jepara, Agus Noor Slamet menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pepadi Jepara. “ Kami menilai, Pepadi telah  melakukan kaderisasi seniman muda Jepara. Ini sangat penting, sebab betapapun masa depan seni budaya akan sangat tergantung pada anak-anak muda,” ujar Agus Noor Slamet. Kita harus guyub menjaga dan melestarikan seni budaya yang ada, tambahnya.

Hal senanda juga disampaikan oleh Ketua Pepadi Jepara, Ki Hendro Suryo Kartiko. “Karena dukungan dari Pemerintah Kabupaten dalam hal ini Dispartabud dan elemen masyarakat lain, Pepadi dapat memberikan warna baru bagi pengembangan seni pedalangan dengan menampilkan dalang dan pesinden muda,” ujar Hendro.

Ketua DPD Matra Jepara, Lena Efendi dalam laporannya menyatakan bahwa Matra  hadir untuk untuk turut bersama-sama  melestarikan adat dan budaya nusantara.

Hadi Priyanto