blank
Petugas Damkar Pemkab Wonogiri, diterjunkan membantu penanganan pascabanjir di Desa Gemantar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Mereka membersihkan endapan lumpur banjir di rumah-rumah warga.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) Para petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Wonogiri dan personel Babinsa, Senin (17/2), diterjunkan untuk membantu penanganan pasca-bencana banjir di Kecamatan Selogiri, dan bencana tanah longsor di Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri. Mereka bertugas membersihkan endapan lumpur banjir di rumah-rumah penduduk, dan menyingkirkan material longsoran yang merusak rumah warga.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Damkar Pemkab Wonogiri, Joko Santosa, mengirimkan satu tim lengkap dengan unit mobil Damkar ke Kecamatan Selogiri, guna membantu membersihkan endapan lumpur. Tim Damkar yang dipimpin Sriyanto tersebut, membantu membersihkan endapan lumpur di rumah Tukimin, Jabar, dan Supardi di Dusun Nanggan RT 2/RW 1, Desa Gemantar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

blank
Babinsa dari Koramil-17 Sidoharjo Kodim 0728 Wonogiri, tampil memimpin kerja bakti bersama pamong desa dan warga, untuk penanganan pascabencana tanah longsor.

Seperti pernah diberitakan, bencana banjir, tanah longsor dan puting beliung melanda empat kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Yakni di Kecamatan Wonogiri Kota, Selogiri, Kismantoro dan Baturetno. Sementara itu, bencana tanah longsor susulan dilaporkan terjadi di Dusun Jatinom RT 2/RW 1, Desa Jatinom, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri. Tanah tebing sepanjang 20 Meter dan tinggi 4 Meter telah longsor bersamaan dengan hujan deras. Material longsorannya merusak bangunan rumah milik Diman.

Menyikapi bencana longsor ini, Babinsa Serda Sarjito dari Koramil-17 Sidoharjo Kodim 0728 Wonogiri, tampil memimpin kerja bakti bersama pamong desa untuk membantu meringankan beban korban. Bersama warga, dilakukan kerja bakti menyingkirkan material longsoran. Danramil 17 Sidoharjo, Lettu (Inf) Toto Mardoyo, mengimbau warga agar waspada dan berhati-hati terhadap ancaman longsor susulan, utamanya bila terjadi hujan lebat.

Bambang Pur