blank
Usai meresmikan Gedung Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) Mustika Wakil Bupati H. Arief Rohman M.Si, meninjau fasilitas yang ada di gedung baru itu. Foto : SB/Ist

BLORA (SUARABARU.ID) – Universitas Terbuka (UT) di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, mengelami perkembang positif. Perkembangan itu antara lain  telah memiliki Gedung Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) Mustika.

Gedung yang belokasi di jalan Blora-Rembang KM-1 Kota Blora, Rabu (5/2/2020), diresmikan penggunaannya oleh Wakil Bupati Blora, H. Arief Rohman, didampingi Staf  Khusus Wakil Rektor IV UT, Syaiful Munir.

Hadir juga Direktur Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ)-UT Semarang, Barokah Widuroyekti, dan jajaran Forkopimda ditandani dengan prosesi  pemotongan.

Ketua SALUT Mustika, Sumarno, melaporankan pendirian gedung baru ini ditujukan untuk meningkatkan pelayanan pendidikan tinggi kepada para mahasiswa dan media promosi untuk warga Blora.

“Awalnya di jalan Kolonel Sunandar 58, kini punya gedung baru bertingkat untuk meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa dan masyarakat,” kata Sumarno.

Menurutnya, gedung ini dilengkapi sarana ruang pertemuan, dan laborat komputer,  sehingga bisa dimanfaatkan untuk perkuliahan jarak jauh yang diselenggarakan UT secara online.

“Di gedung ini, mahasiswa bisa kuliah jarak jauh dengan online di sini,” tambah Sumarno.

Kerja Sama Pemkab

Selain itu. lanjtunya lagi, SALUT ini juga sebagai tempat pelayanan akademik dan pelayanan administrasi. Mengingat jumlah mahasiswa UT di Blora saat ini mencapai sekitar 1.200 orang.

Sementara itu, Staf Khusus Wakil Rektor IV UT, Drs. Syaiful Munir, M.Si, mewakili pimpinan pusat UT dari Jakarta, mengaku senang dan bangga terhadap perkembangan UT kelompok belajar (Pokjar) Blora yang cukup cepat.

“Tahun lalu, saya pernah ke Blora, dan UT masih numpang di Dinas Pendidikan. Alhamdulillah tahun ini sudah punya gedung sendiri,” ungkapnya.

Dengan gedung yang lumayan megah ini, tidak untuk pelayanan akademik dan perkuliahan jarak jauh untuk mahasiswa, namun juga memotivasi mahasiswa di Blora yang sekarang berjumlah 1.200 orang.

Diakuinya, perkembangan Pokjar UT yang terbaik se-Indonesia dan merupakan wujud dukungan UT untuk turut serta meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Blora agar disambut positif masyarakat.

“Beginilah cara UT untuk mendukung peningkatan kualitas SDM di daerah, karen aitdak munking bisa menjangkau seluruh wilayah negeri,”  jelasnya.

Oleh karena itu, UT hadir ke seluruh daerah untuk mengambil peran itu dengan perkuliahan jarak jauh secara online. Terbukti di Blora banyak peminatnya, semoga semakin berkembang dan didukung oleh Pemkab Blora.

Wakil Bupati, H. Arief Rohman M.Si, mengucapkan selamat kepada UPBJJ-UT Semarang Pokjar Blora yang telah berhasil membangun gedung baru untuk sarana pendidikan.

Pemkab, lanjtunya, siap untuk bekerja sama dengan UT dalam rangka peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Blora. Bahkan daerah ini terbuka dengan berbagai perguruan tinggi dalam rangka peningkatan kualitas SDM.

Pemkab Blora, lanjut Arief,  juga telah menjalin kerjasama kesepahaman (MoU) dengan beberapa perguruan tinggi dalam rangka peningkatan SDM, seperti dengan UGM Yogyakarta, IPB Bogor, Udinus Semarang dasn UNY Yogyakarta.

Bakan saat ini, Kementerian Kesehatan sedang mengembangkan Kampus IV Poltekkes Kemenkes Semarang di Blora, dengan membangun gedung dan fasilitas yang lebih representatif.

Wahono-trs