blank

SEMARANG– Selama dua hari mulai hari Selasa-Rabu, 28-29 Januari 2020, Fakultas Teknik USM menyelenggarakan workshop pendampingan jurnal menuju jurnal terakreditasi.

Acara diselenggarakan di hotel NJ Horison ini mencakup semua jurnal yang berada dalam naungan fakuktas teknik USM yaitu Jurnal Teknika yang dikelola oleh Program Studi Teknik sipil, Jurnal Elektrika yang dikelola oleh Program Studi Teknik Elektro dan International Journal of Spatial Planning yang dikelola oleh Program Studi Perencanaan Wilayah Kota (Jurnal ini baru terbentuk pada saat workshop).

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan I fakultas teknik Ir. Bambang Tutuko, MM.,MT.

Bambang mengatakan bahwa acara seperti ini sangat diperlukan oleh para pengelola jurnal supaya jurnal yang ada di Fakultas Teknik menjadi wadah Karya ilmiah bagi Dosen dan mahasiswa baik dari dalam maupun Universitas Semarang.

“Harapannya dengan workshop ini dapat meningkatkan kinerja para pengelola jurnal dalam mengelola jurnal masing-masing” ungkap Bambang.

Workshop di ikuti oleh semua pengelola jurnal masing-masing program studi dengan jumlah total 18 peserta.

Hadir sebagai narasumber pada workshop tersebut adalah Yorris Adi Marreta, S.Pd.,M.Pd dari Universitas Negeri Semarang (UNNES).

blankBeliau menjelaskan banyak hal terkait dengan pengelolaan jurnal. Materi yang disampaikan antara lain (1) Pengelolaan website jurnal, (2) Pengelolaan jurnal secara management, (3) Pengaturan jurnal secara substansi, (4) Proses pendaftaran ke Arjuna sesuai dengan panduan akreditasi.

Sementara Ketua panitia workshop Sri Heranurweni menjelaskan bahwa tujuan dari pelaksanaan workshop ini adalah agar jurnal yang ada di Fakultas Teknik ( Jurnal Teknika dan International Journal of Spatial Planning) dapat segera terakreditasi oleh Ristekdikti dan terindeks Sinta.

Pada bulan februari 2020 jurnal Teknika siap untuk upload ke ARJUNA dengan harapan bulan juni sudah mendapatkan status terakreditasi sinta, sedangkan untuk jurnal International Journal of Spatial Planning pada bulan maret 2020 sudah dapat menerbitkan artikel yang pertama sehingga setelah 4 terbitan dapat diajukan akreditasi.

Selaian itu tujuan workshop ini untuk meningkatkan peringkat jurnal elektrika yang saat ini telah terakreditasi dengan peringkat 5 (sinta 5) menjadi terakreditasi 2.

“Pada bulan Juli 2020 mendatang setelah artikel pada bulan 2020 terbit akan segera diajukan untuk proses re-akreditasi” ungkap Hera.

USM-Wahyu