blank
Petugas medis RSUD Kendal saat memperagakan cara memakai werpak yang benar.(FOTO:SB/Agung)

KENDAL-(SUARABARU.ID)-Rumah Sakit Umum (RSU) Dokter Soewondo Kendal mengadakan simulasi penanganan pasien pengidap virus Corona, Selasa (28/01/20), bertempat di Aula Rumah Sakit setempat.

Simulasi ini dilakukan, menyusul adanya penyebaran virus Corona yang akhir-akhir ini menggemparkan dunia.

Simulasi ini, ditujukan bagi para dokter dan perawat yang bertugas di RSUD Soewondo Kendal dan para Staff Rumah Sakit, termasuk petugas kebersihan.

Dokter Dedi Supriyadi, Sp.PO., M.Kes sebagai narasumber mengatakan, penularan virus ini dapat melalui kontak langsung ataupun kontak tidak langsung oleh pasien yang terjangkit.

Misalnya pasien yang terjangkit virus ini, bersin atau batuk, kemudian menempel di meja atau baju dan kemudian tangan menyentuhnya lalu tanpa sadar menggaruk mata ataupun menggosok-gosok hidung, virus itu dapat masuk kedalam tubuh.

“Kami himbau, masyarakat untuk bisa menjaga kesehatan dan waspada apabila gejala seperti batuk, sesak nafas, demam segera diperiksakan ke rumah sakit terdekat untuk diperiksa lebih lanjut apakah terjangkit virus atau tidak. Untuk virus Corona ini masa inkubasinya satu sampai dua minggu” kata Dedi Supriyadi.

blank
Dokter Dedi Supriyadi, Sp.PO., M.Kes., sedang menyampaikan materi simulasi.(FOTO:SB/Agung)

Dokter Dedi Supriyadi juga mengatakan, saat memeriksa pasien, dokter atau perawat harus memakai masker, kaos tangan, dan cuci tangan pakai sabun setelah menangani pasien.

Selain itu, kepada masyarakat khususnya keluarga pasien Dedi Supriyadi meminta untuk bisa menjaga diri termasuk menjaga kebersihan lingkungan. Kepada petugas kebersihan rumah sakit pun, Dedi Supriyadi meminta untuk tidak memakai alat pembersih dari ruangan satu ke ruangan lain.

“Alat pembersih yang dipakai jangan digunakan di tempat lain. Harus tetap di satu tempat,”ujar Dedi Supriyadi.

Diharapkan simulasi ini dapat membantu pencegahan serta penyebaran virus Corona sehingga bisa meminimalisir jumlah korban yang akan terjangkit.

Agung-mm