blank
Bersamaan dengan acara sonjo wargo, Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing (tengah) foto bersama dengan Forkompincam dan tokoh masyarakat Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing beserta para Pejabat Utama (PJU) kepolisian Wonogiri, Selasa malam (21/1), melakukan acara sonjo wargo (jumpa warga) di Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri. Setelah sebelumnya, Selasa siang (21/1), mengadakan silaturahmi ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Wonogiri di Bulusari, Bulusulur, Wonogiri.

Acara sonjo wargo bersama Kapolres, digelar di Pendapa Kantor Kecamatan Slogohimo (40 Kilometer arah timur Kota Wonogiri). Hadir dalam acara ini, Anggota DPRD Wonogiri, Suyoto, Kapolsek AKP Kukuh Wiyono beserta jajaran Forkompincam Slogohimo, para pimpinan dinas dan instansi terkait, Kades dan Lurah beserta Perangkat Desa, dan pimpinan perbankan Slogohimo. Juga hadir para Kepala Sekolah (Kasek), Ketua dan Pengurus Ormas, para Pendekar Silat bersama pimpinan organisasi olahraga bela diri, seniman-seniwati yang tergabung dalam Paguyuban Gumanti, pengojek, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Kasubag Humas Polres Wonogiri, Iptu Suwondo, dan Paur Subag Humas, Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, acara sonjo wargo bersama Kapolres ini, dilakukan dalam rangka mewujudkan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif. Yakni dalam upaya membangun kebersamaan untuk Sesarengan Mbangun Wonogiri.
Tampil menyampaikan sambutan, Camat Slogohimo yang diwakili Sekretaris Camat (Sekcam) Agus Pramono dan Anggota DPRD Wonogiri, Suyoto. ”Melalui acara ini, saya ingin menyapa warga agar memberikan dukungan kepada kami, dalam upaya bersama mewujudkan Kamtibmas Wonogiri yang kondusif,” tegas Kapolres sembari menambahkan, sebab mustahil Kamtibmas dapat kondusif tanpa ada dukungan masyarakat termasuk dari jajaran TNI.

blank
Jajaran petinggi DPD LDII Wonogiri (duduk di deret kiri), saat menerima kunjungan silaturahmi Kapolres AKBP Christian Tobing bersama dengan sejumlah PJU Polres Wonogiri.

Dialog dengan Warga
Kepada masyarakat diingatkan, agar tidak mudah terhasut oleh hal-hal yang dapat berdampak pada tindakan negatif. Kepada generasi muda, hendaknya dapat menjadi generasi penerus bangsa yang baik. ”Kepada mereka perlu diberikan siraman rohani yang positif,” ujar Kapolres. Dalam menghadapi agenda Pilkada 2020, situasi Wonogiri diharapkan tetap terjaga dan terpelihara, aman, masyarakat rukun dengan saling menjaga sikap toleransi antar-umat beragama, agar tidak memunculkan hal-hal negatif yang tidak diinginkan.

Dalam acara tersebut, dibuka kesempatan dialog dengan warga untuk mengajukan pertanyaan menyampaikan masukan dan pendapat. Materi yang ditanyakan, menyangkut masalah Kamtibmas, juga bidang lalu lintas, usulan perbaikan infrastruktur jalan dan pengaturannya untuk mengantisipasi kecelakaan, permintaan adanya keringanan ketika mencari SIM, dan soal penindakan pelanggaran melalui tindakan tilang. Semua pertanyaan, masukan dan pendapat dari masyarakat, ditanggapi secara bijak oleh Kapolres termasuk diberikan sulosinya.

blank
Dalam acara silaturahmi dengan jajaran petinggi DPD LDII Kabupaten Wonogiri, Kapolres AKBP Christian Tobing berkenan menyerahkan cenderamata kepada Plt Ketua DPD LDII, Suyoto (ketiga dari kanan).

Sementara itu, ketika silaturahmi ke DPD LDII Wonogiri, Kapolres diterima oleh Dewan Pembina DPD LDII, Darsono dan Sunadi, Plt Ketua DPD LDII, Sutoyo, Ketua Yayasan Al Barru, Joko Santoso, Ketua Ponpes Al Barru, Agung Susanto, beserta para pengasuh Ponpes Al Barru, berikut para Pengurus DPD LDII Wonogiri. Kapolres minta agar jajaran LDII tetap memberikan dukungan kebersamaan dalam ikut menjaga Kamtibmas yang kondusif.

Bambang Pur