blank
Petugas Polsek Giriwoyo Polres Wonogiri, mendatangi lokasi bencana di Dusun Dungringin, Desa Sendang Agung, Kecamatan Giriwoyo. Bersama pamong desa dan tokoh masyarakat, petugas melakukan pertolongan kepada korban.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bencana hujan angin, melanda Kabupaten Wonogiri (Jateng) dan Kabupaten Pacitan (Jatim). Di Kabupaten Wonogiri, bencana tersebut melanda Dusun Dungringin, Desa Sendang Agung, Kecamatan Giriwoyo (60 Kilometer arah selatan Kota Wonogiri). Belasan pohon tumbang, merobohkan bangunan teras rumah warga, dan menyebabkan tiga orang luka-luka.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, Minggu (5/1), menyatakan, bencana hujan angin itu terjadi Sabtu malam (4/1) di Dusun Dungringin, Desa Sendang Agung, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri.

Kejadian ini mengakibatkan robohnya bangun teras rumah milik Tukino di Dusun Dungringin RT 2/RW 1. Dalam bencana tersebut, menyebabkan tiga orang warga mengalami luka-luka. Ketiga korban, terdiri atas Tumino, Suharsi dan Arus Setiawan, yang malam itu langsung dilarikan ke Puskesmas untuk mendapatkan pengobatan.

Kepada petugas, para korban dan warga, menyatakan, malam itu mendadak turun hujan deras yang kemudian disertai angin kencang. Ini membuat masyarakat takut dan panik, serta berupaya menyelamatkan diri ke emperan rumah. Bencana hujan angin tersebut, telah menyebabkan sejumlah pohon tumbang, dan meruntuhkan bangunan teras rumah milik Tukino.

Begitu hujan reda, warga masyarakat bersama pamong desa, memberikan pertolongan kerja bakti membersihkan puing-puing reruntuhan. Hari Minggu (5/1), kerja bakti gotong royong dilanjutkan dengan mendapatkan bantuan dari personel Koramil, Polsek, beserta unsur Forkompincam, para relawan siaga bencana tingkat desa, dan relawan dari Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB).

blank
Kerja bakti gotong royong. Minggu (5/1), dilakukan warga untuk menolong korban yang bangunan teras rumahnya runtuh. Ikut membantu, petugas dari Koramil, Polsek dan Forkompincam Giriwoyo, serta relawan siaga bencana desa dan dari FPRB.

Kabupaten Pacitan
Sementara itu BPBD Kabupaten Pacitan, Jatim, melaporkan, bencana hujan angin melanda lima wilayah kecamatan. Yakni Kecamatan Arjosari, Nawangan, Bandar, Punung dan Tulakan. Peirstiwa ini  nebgakibatkan pula pohon tua di Desa Bandar, Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan roboh. Bersamaan itu, dua rumah warga rusak parah tertimpa pohon tumbang. Kedua rumah itu milik Katni dan Rebo, di RT 3/RW XIX, Dusun Ngagik, Desa Bandar, Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan.

Sebelumnya, bencana angin kencang juga merusak rumah milik dua warga di Dusun Pule, Desa Gondang, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan yakni rumah milik Sirun dan Tuimin. Sementara rumah Mukriyanto di Dusun Drono, Desa Temon, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan rusak akibat tanah longsor. Satu rumah lagi, rusak dilanda bencana angin kencang, yaitu rumah milik Misno di RT 4/RW 7 Dusun Bulu, Desa Ngromo, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan.

Bambang Pur-trs